Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerahkan dua sertipikat tanah elektronik untuk Istana Negara dan Istana Garuda Nusantara kepada Menteri Sekretaris Negara (Mensetneg) Pratikno di Ibu Kota Nusantara (IKN), Jumat (11/10).

Sertipikat yang diserahkan AHY kepada Mensetneg itu berupa hak pakai untuk kedua istana tersebut dimana dalam penyerahannya turut disaksikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pada rangkaian peresmian Istana Negara.

“Dengan penyerahan Sertipikat Hak Pakai, maka secara hukum, formal, semua sudah bisa dijelaskan dan mudah-mudahan ini bisa menjadi awal yang baik untuk pembangunan dan pengembangan berikutnya untuk Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) yang ada di IKN ini,” ujar Menteri AHY kepada awak media.

AHY menjelaskan, sertipikat hak pakai dengan pemegang hak Pemerintah Republik Indonesia Cq. Kementerian Sekretariat Negara ini memiliki luas 56,87 hektare atau 568.705 meter persegi.

"Sertipikat Tanah Elektronik yang diterbitkan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Penajam Paser Utara ini merupakan yang pertama di Kawasan KIPP," ujar AHY.

Dia berharap, di momentum yang bersejarah ini Istana Negara akan menghadirkan kemajuan dan kesejahteraan bagi rakyat Indonesia.

“Hari ini kita berbahagia dan bersejarah, bisa hadir secara langsung dalam acara peresmian Istana Negara di IKN yang tentunya kita harapkan bisa benar-benar menjadi sebuah simbol menuju Indonesia yang semakin maju di abad 21 ini," tuturnya.

Sementara itu, Presiden Jokowi dalam sambutannya pada acara peresmian mengatakan rencananya Istana Negara diresmikan bersamaan dengan Istana Garuda yang sudah berdiri di IKN. Namun, Istana Garuda masih dalam penyelesaian (finishing).

”Dan nanti Istana Garuda akan diresmikan oleh Presiden Prabowo Subianto,” jelasnya.

Dikatakannya, penyelesaian tahap akhir Istana Garuda memakan waktu satu bulan, sedangkan masa jabatan Jokowi akan berakhir pada 20 Oktober 2024.

“Karena Istana Garuda masih dalam proses finishing dan memungkinkan masih memakan waktu satu bulan ke depan. Maka, pada hari ini, saya akan meresmikan Istana Negara terlebih dahulu,” kata Jokowi.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi di Kota Nusantara tidak hanya meresmikan Istana Negara, namun juga meresmikan fasilitas kesehatan yakni Rumah Sakit Hermina Nusantara serta Mayapada Hospital Nusantara.
 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024