Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kota Balikpapan, Irfan Taufik menyebutkan sebanyak 25 sekolah di Balikpapan berhasil meraih penghargaan Adiwiyata.

"25 sekolah yang mendapatkan penghargaan itu terbagi dari dua kategori, masing-masing ada 13 sekolah dapat Adiwiyata nasional, dan 12 sekolah mendapatkan predikat Adiwiyata Mandiri," kata  Irfan, Senin (7/10).

Ia mengatakan penghargaan tersebut diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Wakil Menteri LHK Alue Dohong di Gedung Manggala Wanabhakti Jakarta, Rabu pekan lalu.

Dikemukakannya penghargaan Adiwiyata merupakan program nasional yang bertujuan untuk mendorong sekolah-sekolah di Indonesia agar lebih peduli terhadap lingkungan.

"Artinya sekolah yang menerima penghargaan ini telah menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam pembelajaran, pengelolaan lingkungan sekolah, serta berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan di sekitar sekolah," katanya.

Irfan memberikan apresiasi tinggi terhadap pencapaian sekolah-sekolah di Kota Balikpapan  yang menerima penghargaan.

"Ini adalah bukti bahwa sekolah-sekolah di Balikpapan tidak hanya berfokus pada akademik, tetapi juga berkomitmen untuk menjaga lingkungan dan mendidik generasi muda tentang pentingnya kelestarian alam," ujarnya.

Menurutnya program Adiwiyata tidak hanya meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan siswa, tetapi juga mendorong kolaborasi antara pihak sekolah, orang tua, dan masyarakat sekitar dalam menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan hijau.

Dengan pencapaian tersebut Balikpapan semakin memantapkan diri sebagai salah satu kota yang unggul dalam penerapan program-program pendidikan berbasis lingkungan.

"Harapannya, prestasi ini dapat terus ditingkatkan dan menjadi inspirasi bagi daerah lain di Kalimantan Timur serta seluruh Indonesia untuk ikut serta dalam program pelestarian lingkungan hidup," katanya.

Berikut daftar 13 sekolah di Balikpapan yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasional  yakni SDN 001 Balikpapan Tengah, SDN 005 Balikpapan Selatan, SDN 005 Balikpapan Timur, SDN 007 Balikpapan Barat, SDN 009 Balikpapan Tengah, SDN 012 Balikpapan Timur, SDN 014 Balikpapan Barat, SDN 016 Balikpapan Tengah, SDN 021 Balikpapan Barat, SDN 022 Balikpapan Utara, SDN 027 Balikpapan Utara, SMPN 11 Balikpapan, SDN 016 Balikpapan Utara. 

Kemudian 12 sekolah lainnya  yang meraih predikat Adiwiyata Mandiri, yakni SDN 013 Balikpapan Tengah, SDN 014 Balikpapan Selatan, SDN 029 Balikpapan Utara, SMP IT Istiqomah Balikpapan, SDN 020 Balikpapan Utara, SDN 013 Balikpapan Kota, SMAN 9 Balikpapan, SDN 033 Balikpapan Utara, SDN 002 Balikpapan Kota, SDN 023 Balikpapan Utara, SDN 001 Balikpapan Barat, SDN 019 Balikpapan Barat. (Adv)
 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024