Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Timur mengerahkan kendaraan listrik dalam pengawalan kunjungan tamu rombongan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju Koalisi Indonesia Maju (OASE KIM) ke wilayah itu.

"Total ada lima unit kendaraan listrik mobil hemat energi yang kami kerahkan untuk pengawalan," kata  Kepala Bidang Humas Polda Kaltim, Komisaris Besar Polisi Yulianto di Balikpapan, Rabu (11/8).

Ia mengatakan selain mengerahkan kendaraan listrik, Polda Kaltim juga mengerahkan ratusan personel dalam pengawalan tamu Very Very Important Person (VVIP) tersebut.

"Ada sekitar 688 personel gabungan dari Satuan Polda Kaltim, Polres Balikpapan, Samarinda, Kutai Kartanegara (Kukar), dan Penajam Paser Utara (PPU) guna mengamankan setiap titik kegiatan, mulai dari kedatangan, acara utama, hingga kepulangan," katanya.

Yulianto menjelaskan pengamanan dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian acara OASE yang dihadiri langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta istri-istri menteri anggota OASE KIM berjalan dengan aman dan tertib.

"Pengamanan ini merupakan langkah antisipasi yang diperlukan mengingat pentingnya kegiatan tersebut agar berjalan aman dan kondusif," ujarnya.

Dia menambahkan, pengamanan tidak hanya dilakukan di lokasi-lokasi utama kegiatan, seperti tempat pertemuan dan hotel tempat menginap para peserta. Tetapi juga di sepanjang rute perjalanan yang dilalui untuk memastikan pengamanan berjalan optimal.

Yulianto mengemukakan, pihaknya  telah melakukan koordinasi intensif dengan pemerintah daerah, unsur TNI, Satpol PP, Dishub, dan instansi terkait lainnya untuk memastikan semua aspek pengamanan sudah dipersiapkan dengan matang.

Untuk diketahui, kunjungan OASE KIM  ke Kalimantan Timur ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan diantaranya Gelaran Talkshow Sosialisasi Moderat Sejak Dini yang dilaksanakan di Hotel Platinum Balikpapan, peninjauan langsung hasil kerajinan dan kreasi Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Se-Provinsi Kalimantan Timur di Kota Balikpapan, dan bermalam di Ibu Kota Nusantara (IKN)

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024