Tes kesehatan tiga pasangan calon (paslon) wali kota dan wakil wali kota Balikpapan dinyatakan selesai setelah beberapa hari menjalani pemeriksaan mulai dari pemeriksaan jasmani maupun rohani di Rumah Sakit Kanudjoso Djatiwibowo (RSKD) Balikpapan,

"Alhamdulillah, tiga paslon di Balikpapan telah melaksanakan pemeriksaan kesehatan dengan baik, dan semua berjalan lancar," ujar Direktur RSKD Edy Iskandar dalam jumpa pers tes kesehatan paslon Rahmad Mas'ud dan Bagus Susetyo, Senin (2/9).

Edy menerangkan ada ketiga paslon yang dilakukan tes kesehatan yaitu Muhammad Sabani dan Syukri Wahid, Rendi Susiwo Ismain dan Eddy Sunardy atau Eddy Tarmo, serta Rahmad Mas'ud dan Bagus Susetyo .

Ia mengemukakan, dengan  selesainya  pemeriksaan dari ketiga paslon  dan ada 18 dokter spesialis akan membahas hasil pemeriksaan lebih lanjut, dan besok hasilnya akan disampaikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan.

Sebelumnya, Ketua KPU Balikpapan Prakoso Yudho Lelono menyampaikan hasil pemeriksaan paslon ini bersifat konfidensial atau rahasia.

"Nanti dari KPU akan menyampaikan hasilnya paling tidak Selasa ," ungkap Prakoso.

Dia menerangkan, bila dalam pemeriksaan kesehatan tersebut terdapat hal-hal yang krusial dan dianggap fatal terhadap kesehatan salah satu pasangan calon, pastinya akan di rekomendasikan tidak sehat oleh pihak rumah sakit.

“Tentu saja ukuran medis tim dari RSKD telah menyiapkan tim ahli kesehatan yang menilai itu, dan kami serahkan sepenuhnya kepada pihak Rumah sakit,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Rahmad Mas'ud yang memposisikan dirinya sebagai Wali Kota Balikpapan memberikan apresiasi kepada RSKD khususnya untuk fasilitas dan kualitasnya.

"Ini tidak kalah dengan yang ada di luar Kaltim, kami berharap RSKD memberikan yang terbaik dalam hal pelayanan dan SDM memadai,” ujarnya.

Menurut Rahmad hal ini bisa menjadi barometer dalam menuju pilkada, bila lancar maka tidak menutup kemungkinan bakal banyak yang datang ke Balikpapan untuk berinvestasi.

"Siapapun nanti wali kotanya, ini jadi barometer untuk menarik investor," harap Rahmad.

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024