Ketua TP PKK Balikpapan Nurlena Rahmad menerima penghargaan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Penghargaan Manggala Karya Kencana diterima Hj. Nurlena di Gedung Gradhika Bakti Praja Kota Semarang, Jumat (28/6/2024).

Selain Kota Balikpapan penghargaan serupa juga diperoleh Ketua TP PKK Kabupaten Paser, Wali Kota Bontang, Wali Kota Samarinda dan Bupati Paser.
 
Penghargaan diberikan karena kepala daerah dan TP PKK telah ikut dalam optimalisasi sinergi gerak dan langkah keluarga Indonesia mencegah stunting, yakni mewujudkan keluarga berkualitas menuju Indonesia emas melalui momentum Harganas ke 31.

"Penghargaan ini diberikan karena PKK bersama pemerintah daerah serta masyarakat memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pencegahan dan penanganan stunting," kata  Nurlena Rahmad Mas’ud, dalam keterangan persnya yang diterima ANTARA, Minggu (30/6).

Ia menyebutkan edukasi dimulai dari pemberian makan sesuai kebutuhan anak dalam hal mencegah stunting. Berikutnya tentu ada tantangan terhadap kenaikan angka stunting karena banyak yang sadar melaporkan stunting ke RT, kelurahan dan Puskesmas.

“Sehingga data itu riil, berkat kesadaran masyarakat untuk melaporkan terkait stunting,” katanya.

Lanjut Nurlena, PKK juga aktif dalam pola asuh dengan mensosialisasikan ke remaja putri. Yakni bagaimana menjaga kondisi tubuh dengan pemberian asupan penambah darah.

“Sehingga pola asuh ditingkatkan dan bagi pekerja diperlukan pendampingan anak,” tambahnya.

Pihaknya juga berharap, agar ke depan terus diterapkan program-program penanganan stunting di Balikpapan melalui kolaborasi dan sinergi.

“Kami libatkan juga semua pihak dan stakeholder untuk mendukung penurunan angka stunting,” tuntas Nurlena

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024