Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Beberapa  peserta  pelatihan jurnalistik radio yang digelar Yayasan Antara Corong Kaltim  rutindigelar  dan berkelanjutan, karena dinilai  sangat bermanfaat  media cetak.untuk menambah wawasan  dan pengetahuan khususnya dibidang jurnalistik  radio, televisi  dan   cetak.

“Kami berharap pelatihan  seperti ini rutin digelar dan berkelanjutan, karena  kita dapat mengetahui  bagaimana  seorang  jurnalis  bekerja,” kata salah seorang peserta  Komariah berasal dari Universitas Mulawarman yang juga tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam  (HMI ) Kota Samarinda, ketika  usai mengikuti pelatihan di gedung PWI Kaltim,beberapa waktu lalu. 

Ia baru mengetahui bahwa  seorang jurnalis bekerja  ternyata  bisa dibilang cukup berat, banyak tantangannya  serta dilindungi oleh undang-undang .

Sebelumnya  dia  beranggapan seorang jurnalis hanya  pandai   membuat  berita  tetapi dituntut selain pintar juga keberanian  dalam melakukan investigasi.

Menurutnya  materi yang diberikan oleh nara sumber cukup menarik dan membuat wawasan  bertambah tentang dunia  jurnalistik , namun dia berharap pelatihan   ini bukan hanya  jurnaiistik  radio tetapi juga diberikan  pelatihan-pelatihantentang  media cetak  dan televisi.

“Karena  cara membuat berita  radio, televisi serta  cetak  atau koran  tentunya berbeda serta semua memiliki keunggulan  tersendiri,” katanya.

Hal senada juga disampaikan  peserta  lainnya, Radian dari  . Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Mulawarman. Pelatihan seperti ini jarang digelar dan tidak didapatkan dibangku kuliah.

“Saya jadi tertarik  dan memiliki  pengalaman baru, kalau bisa sih dillaksanakan berkala, jadi pengetahuan kami  terus   bertambah," katanya.

Diapun  mengaku, cukup tertantang untuk mencoba   setelah mengikuti pelatihan. " Sepertinya  seru  dan patut dicoba," ujanya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Najib Muhammad mengatakan  bahwa  beberapa  kali dilaksanakan pelatihan jurnalistik radio ini, cukup memuaskan sebab  rata-rata pesertanya   baik dari kalangan umum, mahasiswa dan pelajar  cukup antusias.

“Mudah-mudahan tahun depan kegiatan seperti ini terus dapat digelar  untuk  memberikan  pengetahuan  dan wawasan kepada  masyarakat, mahasiswa dan pelajar tentang jurnalistik  yang berperan  salah satunya  sebagai kontrol   pemerintahan  yang sedang melaksanakan pembangunan,” kata Najib Muhammad.(*)
 


Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014