Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Akmal Malik mengatakan peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) tahun 2024 sebagai momentum bagi masyarakat untuk menjadi konsumen kritis.

"Hakikatnya dari Hari Konsumen ini mari berintrospeksi diri. Mulai sejak lahir hingga dewasa, saya dan kita semua adalah konsumen. Apalagi kita semua mengonsumsi produk Kaltim. Untuk itu, kritislah menjadi konsumen produk lokal kita," kata Akmal Malik saat membuka Harkonas Fest 2024 di Samarinda, Ahad.

Akmal menjelaskan bentuk kritis tersebut, yaitu selain berterima kasih terhadap pelaku usaha yang sudah memproduksi produk lokal. Maka, selanjutnya gunakan produk lokal dan promosikan dengan bijak.

"Jangan jadi obyek konsumtif orang lain. Kita harus jadi pelaku dari produk itu sendiri. Karena, selama ini kita hanya menjadi obyek saja," cakapnya.

Bagi Akmal, UMKM merupakan lembaga yang membuat masyarakat atau daerah mandiri di tanah sendiri.

Artinya, sebagai konsumen wajib jujur dan adil. Ketika ada yang kurang baik sampaikan ke pelaku usaha tersebut dan jika bagus promosikan seluas-luasnya.

"Jadilah konsumen yang jujur. Perlu dipahami, konsumen itu bukan hanya konsumen barang saja. Tapi, jasa juga," ucapnya.

"Contohnya, kita mau liburan ke Labuan Cermin Berau. Kita mungkin tidak mengetahui berapa biaya dan jarak tempuh ke lokasi tersebut. Maka, itu hak kita mengetahui sebagai konsumen," katanya.

Selanjutnya, menyukseskan pengembangan produk lokal itu. Maka, tugas pemerintah menyiapkan layanan itu.

“Jadilah konsumen kritis, tetapi juga pahami jangan menjadi obyek konsumtif," katanya.

Kepala Disperindagkop dan UKM Kaltim Heni Purwaningsih menjelaskan peringatan Hari Konsumen Nasional sedianya digelar setiap 20 April.

"Kita harapkan melalui peringatan ini masyarakat sebagai konsumen kritis terhadap produk yang dihasilkan para pelaku usaha, bahkan mampu mempromosikan produk tersebut," jelasnya.

Momentum ini, Disperindagkop dan UKM Kaltim menggelar berbagai kegiatan, dengan tujuan agar Kaltim berkontribusi mendorong konsumen yang cerdas dan kritis. Kegiatan yang digelar, mulai talkshow, fun run, Bazar UKM, video konten serta soft launching Galeri UKM.(Adv)
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024