Pengemudi dalam jaringan (daring) atau online di Balikpapan bakal menjadi garda terdepan dalam mempromosikan sejumlah obyek wisata di Kota Balikpapan.

"Kami dari Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melibatkan mereka sebagai sarana promosi," kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Cokorda Ratih Kusuma W dalam agenda Bimbingan Teknis Strategi Komunikasi Pengembangan Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Melalui Penguatan Public Speaking di Hotel Swiss Belhotel Balikpapan, Rabu (22/5).

Dia mengemukakan, dalam hal ini Pemkot Balikpapan menggunakan sebanyak 100 pengemudi daring, tentunya juga dibekali wawasan terkait obyek wisata di Balikpapan.

Kota Balikpapan sebagai beranda Ibu Kota Nusantara memiliki sejumlah tempat wisata unggulan dan tak kalah dengan yang ada di luar Kalimantan, salah satunya adalah Kebun Raya Balikpapan yang terletak di Kilometer 15 Karang Joang.

Obyek wisata yang terletak di Barat Kota Balikpapan ini merupakan buah kolaborasi Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor dan Balai Besar Penelitian Dipterocarpaceae Dephut. Keberadaan Kebun Raya Balikpapan terletak di Kawasan Hutan Lindung Sungai Wain.

"Nanti wisatawan yang tiba di Balikpapan nanti di perkenalkan oleh pengemudi daring terkait obyek wisata itu, kemudian pengemudi daring juga bisa mengantarkan langsung wisatawan ke kilo 15 ," jelasnya.

Kemudian Kota Balikpapan juga memiliki obyek wisata pantai yakni Pantai Segara Sari Manggar yang terletak di Jalan Mulawarman, Manggar,  Balikpapan Timur.

Menurutnya tak jarang pengemudi daring terlibat untuk mengantar penumpang yang hendak berwisata ke sana, seperti pada libur lebaran lalu.

"Dan nanti ini bisa mereka ceritakan, Manggar itu pantainya seperti apa dan lain sebagainya," ungkap Ratih.

Ratih mengaku pengemudi daring antusias dengan hal ini, dimana mereka juga bisa mendapatkan pendapatan lebih dengan mengantarkan wisatawan ke obyek wisata tersebut.

Sebelumnya kata Ratih pernah disampaikan oleh Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik,  mencanangkan menggandeng sektor transportasi untuk mengenalkan obyek wisata di Kaltim.

"Mereka adalah garda terdepan ketika ada wisatawan yang berkunjung ke Kota Balikpapan  baik melalui jalur udara darat maupun laut. Sebab para pengemudi daring ini bertemu langsung dengan para wisatawan yang datang,"  ujar Akmal Malik.

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024