Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur (Kutim) memberikan penghargaan kepada 59 koperasi yang terdata aktif di Kutim. Penghargaan diberikan dalam kegiatan Gebyar Koperasi 2024 di lapangan Kantor Bupati ,Rabu (8/5).

“Ini sebagai bentuk apresiasi Pemkab Kutim kepada koperasi-koperasi yang aktif dan rutin melakukan rapat tahunan anggota,” ucap Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Kabupaten Kutim, Teguh Budi Santoso.

Ia menyebutkan ada 1.200 lebih koperasi yang ada di Kutim. Namun, hanya  30 persen yang aktif atau 59 koperasi menyampaikan laporan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke Diskop UKM.

Melalui Gebyar Koperasi 2024 , Diskop UKM bertujuan untuk menumbuhkan semangat koperasi-koperasi yang sedang tidur atau kurang aktif untuk bangkit .

"Gebyar Koperasi 2024 ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di Kutim bahkan di Kalimantan Timur," katanya.

Teguh menuturkan kegiatan ini  dapat dukungan dari Deputi Bidang Koperasi Kementerian Koperasi dan UKM RI, karena hal ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan.

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman  membuka kegiatan Gebyar Koperasi 2024 mengatakan perlunya kegiatan tersebut untuk memacu koperasi yang lebih modern dan lebih maju di Kutai Timur.

“Sesuai perkembangan zaman, kami harapkan kemajuan koperasi melalui teknologi yang telah berkembang,” ucapnya.

Ardiansyah Sulaiman menambahkan kegiatan yang dilaksanakan Diskop UKM Kutim untuk mendobrak koperasi yang sehat serta selalu aktif dalam mensejahterakan anggotanya. Sehingga bermanfaat bagi masyarakat Kutai Timur.

Pewarta: Muhammad Hafif Nikolas

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024