Sekretaris Kabupaten Kutai Kartanegara (Sekkab Kukar), Kalimantan Timur, Sunggono mengajak semua Aparatur Sipil Negara (ASN) setempat, tetap fokus bekerja sesuai tugas dan fungsi masing-masing, tidak perlu turut campur urusan pemilihan kepala daerah (pilkada).

"Menjelang Pilkada Kabupaten Kukar dengan pemungutan suara pada 27 November tahun ini, semua ASN Kukar tidak perlu terlibat politik praktis, namun harus tetap fokus dalam bekerja dan mengutamakan pelayanan bagi masyarakat," kata Sekkab Kukar Sunggono di Tenggarong.

Sebagai ASN, termasuk dirinya, lanjut Sunggono, harus memaknai etos kerja dan prestasi dengan serius, karena etos kerja bukan hanya tentang kedisiplinan dan tanggung jawab, tetapi juga tentang semangat untuk terus belajar, berkembang, dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan negara.

Sementara prestasi kerja merupakan kunci dalam mewujudkan birokrasi pemerintahan yang berfungsi untuk melayani, inovatif, dan mampu mewujudkan daya saing dalam hal yang positif.

"Prestasi bukan sekadar pencapaian individu, namun merupakan cermin dari kemampuan kolektif untuk memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas layanan publik dari suatu instansi guna memajukan daerah," katanya.

Sunggono juga mengajak pegawai non-PNS mempersiapkan diri, karena ada kabar gembira dari Kementerian PAN RB tentang pengangkatan honorer menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), ini merupakan kabar gembira bagi honorer.

Ini mengacu pada kebijakan pemerintah pusat yang dituangkan melalui Undang-Undang Nomor 20/2023 tentang ASN. Pemerintah pusat mengamanatkan semua daerah menuntaskan status Non-PNS di wilayahnya masing-masing hingga akhir 2024, termasuk di Kukar.

"Saat ini Pemkab Kukar masih menunggu solusi dan arahan dari Kementerian PAN RB. Tapi yang pasti, bakal diutamakan honorer yang terdata di Badan Kepegawaian Negara (BKN)," ujarnya menegaskan.

Ia juga menyampaikan kabar gembira untuk seluruh ASN di lingkungan Pemkab Kukar, yakni adanya kebijakan perubahan atas kenaikan tambahan penghasilan pegawai (TPP) bagi ASN tahun ini naik, bahkan dalam waktu dekat segera dibayarkan. (Adv)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024