PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menyalurkan bantuan relokasi empat rumah warga terdampak banjir dan bedah dua rumah warga di Kelurahan Guntung dan Loktuan Bontang Utara. Bantuan senilai Rp630 juta ini merupakan bagian dari program PKT Proaktif untuk mendukung kesejahteraan masyarakat.
 
Direktur Utama Pupuk Kaltim Budi Wahju Soesilo melalui keterangan tertulis yang diterima ANTARA Kaltim di Samarinda, Selasa, mengatakan, bantuan relokasi ini mendukung program Pemkot Bontang dalam penanggulangan banjir. Rumah warga dari 4 RT di Kelurahan Guntung yang terdampak aktivitas normalisasi sungai dipindah dan dibangun ke lokasi baru.
 
"Harapannya, masyarakat penerima manfaat bisa mendapatkan hunian yang lebih baik dan layak, serta banjir tidak lagi terjadi di kawasan tersebut," ujar Soesilo.
 
Program bedah rumah merupakan agenda rutin Pupuk Kaltim untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat. Rumah layak huni menjadi salah satu indikator pengentasan kemiskinan dan memberikan jaminan hidup yang layak.
 
"Total bantuan senilai Rp630 juta, terdiri dari bantuan relokasi Rp480 juta dan bedah rumah Rp150 juta. Program ini bekerja sama dengan Kodim 0908 Bontang," kata Soesilo.
 
Pupuk Kaltim berkomitmen untuk memberikan kontribusi terbaik, tidak hanya dalam penguatan ketahanan pangan dan pertanian nasional, tapi juga kebermanfaatan bagi masyarakat di Kota Bontang.
 
Direktur Utama Pupuk Kaltim Budi Wahju Soesilo mengatakan, bantuan relokasi ini mendukung program Pemkot Bontang dalam penanggulangan banjir. (ANTARA/HO-PKT Kaltim)
 
"Pupuk Kaltim senantiasa berperan dalam meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian, guna mendukung pembangunan daerah yang semakin maju," tandas Soesilo.
 
Direktur Utama Pupuk Indonesia Rahmad Pribadi menambahkan, Pupuk Indonesia dan anak perusahaannya tidak hanya berorientasi pada profit, tapi juga manfaat bagi masyarakat, pembangunan bangsa dan negara.
 
"Pupuk Kaltim menunjukkan komitmen tinggi untuk pembangunan, seperti bantuan yang kali ini disalurkan. Rumah layak huni penting untuk pengentasan kemiskinan," kata Rahmad.
 
Wali Kota Bontang Basri Rase mengapresiasi Pupuk Kaltim atas kontribusinya dalam pembangunan Kota Bontang.
 
Direksi Pupuk Kaltim bersama jajaran Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bontang saat menyerahkan bantuan rumah layak huni kepada masyarakat setempat. (ANTARA/HO-PKT Kaltim)
 
"Pupuk Kaltim konsisten dalam mendukung Pemerintah dan masyarakat. Program Pupuk Kaltim sejalan dengan upaya Pemerintah dalam pengentasan kemiskinan dan mendorong kesejahteraan masyarakat," kata Basri.
 
Salah satu penerima manfaat, Iliyanti, mengucapkan terima kasih atas bantuan Pupuk Kaltim.
 
"Kami sangat berterima kasih atas bantuan rumah ini. Kami akan manfaatkan dan rawat dengan sebaik-baiknya," ungkap Yanti.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024