Perbankan CIMB Niaga menggandeng Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al-Azhar Peduli untuk membagikan sembako di bulan Ramadhan 1445 Hijriah kepada warga Kota Balikpapan yang tinggal di sekitar kantor cabang CIMB Niaga.

"Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat  yang membutuhkan," kata Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara dalam jumpa pers yang dirangkai buka puasa bersama di Hotel Novotel Balikpapan, Senin (25/3).

Dia menyebutkan CIMB Niaga di Balikpapan memiliki tiga  kantor cabang yaitu di Jalan Ahmad Yani dan di kawasan Balikpapan Baru, Jalan Jendral Sudirman, serta memiliki sebanyak 14 mesin ATM, tiga diantaranya merupakan Cash Deposit Machine (CDM).

Sebagai bentuk apresiasi untuk nasabah dan masyarakat Balikpapan, CIMB Niaga juga menyelenggarakan buka bersama dan talkshow Ngobrolin Bisnis atau Ngobiz bertema “Perubahan Pajak dan Efeknya terhadap Industri”. 

Inisiatif tersebut kata Pandji merupakan bagian dari rangkaian "Kejar Mimpi untuk Indonesia,"   diharapkan dapat memberikan wawasan terkini seputar dunia usaha sebagai bekal bagi para calon entrepreneur dan pengusaha di Balikpapan dalam memulai maupun menjalankan  bisnis yang menguntungkan.

Dikemukakannya, sebelumnya, CIMB Niaga berkolaborasi dengan United Nations Children’s Fund (UNICEF) untuk mengatasi masalah gizi buruk dan mencegah stunting di Indonesia, khususnya di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam program ini, CIMB Niaga memberikan kesempatan kepada masyarakat dan nasabah yang ingin berkontribusi dengan berdonasi melalui rekening CIMB Niaga Peduli.  CIMB Niaga juga turut menggalang dana untuk pencegahan stunting.

"Selain fokus dalam meraih pertumbuhan bisnis, CIMB Niaga juga berpartisipasi aktif dan berkontribusi terhadap pemberdayaan lingkungan dan sosial," tuturnya.

Di segi pertumbuhan bisnis, CIMB Niaga di topang oleh unit usahanya yang berbasis syariah yakni CIMB Niaga Syariah berhasil menunjukkan kinerja positif sepanjang tahun 2023.

Pandji mengemukakan, pada tahun 2023, CIMB Niaga memperoleh laba sebelum pajak konsolidasi (audited) sebesar Rp8,4 triliun, naik sebesar 27,0 persen year-on-year (Y-o-Y), dan menghasilkan earnings per share Rp259,45.

“Kinerja menggembirakan yang berhasil kami raih pada 2023 mencerminkan konsistensi kami dalam menjaga ketahanan, agility, dan pendekatan yang berorientasi pada nasabah," ungkapnya.

Pihaknya senantiasa berusaha untuk meningkatkan pertumbuhan laba, seperti terlihat pada peningkatan laba sebelum pajak yang mencapai Rp8,4 triliun atau tertinggi hingga saat ini.

"Penting untuk digarisbawahi adalah perbaikan dalam kualitas aset, seperti yang ditunjukkan oleh penurunan signifikan pada rasio kredit bermasalah (Gross Non Performing Loan - NPL) yang turun dari 2,8 persen pada Desember 2022 menjadi 2,0 persen pada Desember 2023, yang merupakan pencapaian NPL terendah CIMB Niaga," jelasnya

Ke depan, pihaknya akan tetap menyediakan solusi keuangan terbaik yang relevan guna menjawab kebutuhan nasabah yang beragam dan terus berkembang.

Pandji juga mengatakan CIMB Niaga senantiasa menjaga posisi permodalan dan likuiditas yang solid dengan capital adequacy ratio (CAR) dan loan to deposit ratio (LDR) masing-masing sebesar 24,0 persen dan 89,3 persen.

"Total aset konsolidasi adalah sebesar Rp334,4 triliun (+9,0% Y-o-Y) per 31 Desember 2023, yang semakin memperkuat posisi CIMB Niaga sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia," sebutnya.

Total Dana Pihak Ketiga (DPK) meningkat menjadi Rp235,9 triliun (+3,8 persen Y-o-Y), dengan pencapaian rasio dana murah (CASA ratio) yang baik sebesar 63,9 persen

Adapun jumlah kredit/pembiayaan naik 8,5 persen  Y-o-Y menjadi Rp213,4 triliun, terutama berasal dari pertumbuhan pada bisnis Corporate Banking sebesar 11,7 persenY-o-Y, diikuti Small Medium Enterprise (SME) yang naik 9,5 persen Y-o-Y dan Consumer Banking yang tumbuh 6,9 persen Y-o-Y. 

Sementara itu, sejalan dengan komitmen berkelanjutan terhadap program lingkungan hidup, pihaknya juga telah berhasil mencapai sejumlah perkembangan signifikan pada 2023.

"Termasuk mencatat pembiayaan kredit berwawasan lingkungan hidup sebesar Rp55,45 triliun, atau 25,97 persen  dari keseluruhan pembiayaan kami. Selain itu, kami juga telah berhasil memenuhi target penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) Cakupan 1 dan 2 sebesar 22 persen dibandingkan dengan garis dasar emisi GRK 2019,” tuturnya.

Sebagai upaya berkelanjutan memenuhi kebutuhan perbankan masyarakat di berbagai daerah termasuk yang menginginkan layanan sesuai prinsip Syariah, CIMB niaga juga terus meningkatkan customer experience dengan konsisten menerapkan model operasional dual banking leverage model (DBLM).

"Dengan sistem ini, nasabah CIMB Niaga Syariah dapat memanfaatkan seluruh jaringan kantor cabang dan layanan digital banking CIMB Niaga untuk melakukan berbagai aktivitas perbankan," jelasnya.

Pandji menuturkan, kenyamanan dan  kepuasan nasabah merupakan salah satu prioritas utama CIMB Niaga dalam mengembangkan bisnis Syariah.

"Oleh sebab itu, untuk menjaga loyalitas nasabah, CIMB Niaga Syariah selalu berinovasi agar produk dan layanan yang disediakan setara dengan produk konvensional," tutupnya..
 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024