Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Kabupaten Kudus dari Provinsi Jawa Tengah  yang ikut  dalam  Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional (TTG-N) XVI akan menampilkan empat produk  teknologi hasil karya SMK Negeri 2 Kudus dan produk rumah tangga (home industri) .

“Empat alat produk  yang  dipamerkan  di stand  Kabupaten Kudus  yakni  alat pencacah daging, alat pencacah plastik,  kompor bioma dan  alat  tempat wudhu menggunakan sensor cahaya,” kata Kasubid TTG  Kabupaten Kudus, Arini Budi Utami saat ditemui di  arena TTG-N ke XVI  Stadion Madya Sempaja Samarinda .

Ia mengatakan  alat pencacah daging  produk rumahan  tersebut cukup praktis  dan hargnya pun cukup terjangkau oleh masyarakat yang memiliki usaha , seperti  penjual bakso . Kemudian  alat pencacah plastik  dipatok harga Rp 11 juta .
 
Sedangkan alat  kompor bioma  harganya  Rp 800 ribu , kompor bioma selain berfungsi untuk membakar sampah juga dapat digunakan untuk memasak dengan bahan dasar dedaunan berfungsi seperti tungku.

Arini  menjelaskan  selain itu juga Kabupaten Kudus  mengandalkan produk usaha rumah tangga berupa makanan yakni  jenang kudus yang sudah dikenal banyak masyarakat, sate Kudus serta pisau.

Dia berharap dengan adanya TTG di Samarinda akan lebih memprkenalkan produk-produk  teknologi asal Kabupaten Kudus  kepada seluruh  peserta maupun pengunjung yang datang ke arena pameran.

“Saya berharap apa yang kami tampilkan  dalam beberapa hari bisa habis terjual semua  dan kami pulang tidak lagi membawa barang – barang yang kami tampilkan  sehingga akan lebih meringankan,” kata Arini Budi Utami.(*)

.

Pewarta: Rachmad

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014