Sekitar tiga ribu lebih masyarakat Kutai Timur (Kutim) beragama Hindu merayakan Hari Raya Nyepi dengan mengarak ogoh-ogoh.

"Hari Raya Nyepi tahun ini akan dilaksanakan di beberapa kecamatan. Namun tetap dipusatkan di Pura Dharma Prima Jaganatha, Kecamatan Sangatta Utara,” kata Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kutai Timur I Gusti Bagus Oka, di Sangatta, Senin.

Ia menyebutkan bukan hanya di Kecamatan Sangatta Utara, perayaan Hari Raya Nyepi tahun ini juga dilaksanakan di Pura Dharma Pertiwi Kecamatan Rantau Pulung, Pura Bukit dan Pura Bhuana Sari Kecamatan Kaliorang.

Kemudian, di Pura Sunya Jagatnatha Kecamatan Long Mesangat, Pura Buana Sari dan Pura Puseh Kecamatan Kongbeng serta Pura Giri Putri dan Pura Agung Indra Kecamatan Kaubun.

"Yang paling Istimewa hari ini di Desa Bumi Rapak, Kecamatan Kaubun, pawai ogoh-ogoh dilepas langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Kutai Timur Bapak Kasmidi Bulang," ungkapnya

Diketahui pawai ogoh-ogoh juga dilaksanakan di masing-masing kecamatan. Selesai pawai ogoh-ogoh dilaksanakan acara mecaru tawur agung kesanga di masing-masing pura dan rumah seluruh umat Hindu.

"Kemudian dilanjutkan acara catur brata penyepian yang akan dilaksanakan mulai besok pagi, Hari Senin jam 06.00 wita sampai Hari Selasa jam 06.00 wita atau selama 24 jam," jelasnya.

Setelah rangkaian tersebut selesai, tibalah saatnya bagi umat Hindu Kutai Timur melaksanakan ngembak gni menyambut Tahun Baru Saka 1946.

"Kami mengucapkan selamat Tahun Baru Saka 1946 kepada seluruh umat Hindu yang ada di Kabupaten Kutai Timur, semoga Ida Sang Hyang Widi Wasa memberikan kesehatan dan keselamatan untuk semua," kata Kasmidi Bulang.

Pewarta: Muhammad Hafif Nikolas

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024