Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan menyiapkan bus antar-jemput (shuttle) saat upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-127 Kota Balikpapan yang digelar di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome, pada 10 Februari.

"Bus itu disiapkan di Rumah Jabatan Wali Kota Balikpapan karena jarak tidak jauh dari BSCC Dome," kata Kepala Dishub Balikpapan Adward Skenda Putra, di Balikpapan, Selasa (6/2).

Dia menjelaskan para tamu HUT Kota Balikpapan harus parkir kendaraan mereka di rumah jabatan wali kota, dan akan diantar ke BSCC Dome dengan bus shuttle.

"Kami minta para tamu undangan yang akan mengikuti upacara agar mentaati aturan kantong parkir yang disediakan. Tujuannya, tidak terjadi kemacetan saat kedatangan dan kepulangan setelah upacara," ujarnya.

Dishub Balikpapan juga akan melakukan rekayasa lalu-lintas dengan menutup sejumlah jalan di sekitar BSCC Dome saat peringatan hari jadi Kota Minyak itu.

"Kami akan tutup jalan Ruhui Rahayu, sedangkan jalan Manunggal akan dibuka satu arah. Kemudian dari arah jalan Sepinggan Baru menuju Dome, akan ditutup dan dialihkan ke jalan Kasih,” katanya.

Baca juga: Pasar Klandasan Balikpapan terima pembayaran non tunai

Adward menjelaskan pengumuman tentang pengalihan arus lalu-lintas akan disampaikan kepada masyarakat dua hari sebelum HUT Balikpapan.

Rekayasa itu juga akan diberlakukan ketika penyelenggaraan pesta rakyat di BSCC Dome Balikpapan pada pekan ketiga Februari hingga Maret 2024.

"Jalan Ruhui Rahayu akan digunakan untuk acara kuliner makanan gratis, mulai dari depan kantor Perumda Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB) hingga ke gedung BSCC Dome," ujarnya.

Di sepanjang jalan Ruhui Rahayu terdapat sejumlah kantor dinas Pemerintah Kota Balikpapan, seperti dinas perhubungan, dinas lingkungan hidup, dinas pekerjaan umum, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan lainnya.

"Sepanjang jalan itu untuk pejalan kaki. Kami himbau masyarakat yang berkunjung untuk menggunakan transportasi umum," tuturnya.

Dishub Kota Balikpapan akan menyediakan kantuog parkir untuk pengunjung. "Di BSCC Dome, itu khusus tamu VIP dan VVIP. Tamu atau masyarakat lain bisa parkir di kantor-kantor dinas. Untuk pemilik kendaraan roda dua parkir di gedung KNPI di seberang BSCC DOme," katanya. (Adv)

Baca juga: DPMPTSP:Dampak IKN, investasi Kota Balikpapan capai Rp25 triliun

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024