Sebanyak 1.845 orang peserta dari berbagai unsur masyarakat siap mengikuti kegiatan Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara XLIV Tahun 2024 di Provinsi Kalimantan Timur pada Mei mendatang.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur Sri Wahyuni di Samarinda, Rabu, mengatakan Latsitarda Nusantara merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun sebagai bentuk pembinaan bagi taruna akademi tingkat akhir.

"Latihan ini tidak hanya bertujuan mengasah keterampilan fisik, tetapi juga untuk membentuk karakter, kepemimpinan dan integritas para peserta," kata Sri Wahyunj pada Rapat Persiapan Latsitarda Nusantara XLIV Tahun 2024 di Kantor Gubernur Kaltim.

Hadir dalam rapat tersebut, di antaranya Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kaltim Sufian Agus, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kaltim Muhammad Faisal, Kepala Dinas Kesehatan Kaltim dr Jaya Mualimin, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim Agus Hari Kesuma, serta pimpinan organisasi perangkat daerah terkait.

Sri Wahyuni menyampaikan pentingnya kerja sama antara berbagai pihak terkait guna menciptakan lingkungan yang kondusif selama pelaksanaan kegiatan Latsitarda.

Dia juga menekankan pentingnya integritas sebagai landasan utama dalam menjalani latihan ini sehingga diharapkan dapat menjadi modal berharga bagi peserta dalam menghadapi tugas dan tanggung jawab pada masa depan.

"Rapat persiapan ini menjadi langkah awal menuju suksesnya Latsitarda Nusantara XLIV Tahun 2024, yang diharapkan dapat menciptakan para taruna wreda yang memiliki kualitas dan dedikasi tinggi dalam menjalankan tugas negara," ujarnya.

Peserta Latsitarda Nusantara XLIV Tahun 2024 terdiri atas Taruna Akademi Militer 417 orang, Akademi Angkatan Laut 129 orang, Akademi Angkatan Udara 112 orang, Akademi Kepolisian 247 orang, IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) 200 orang, Politeknik Siber dan Sandi Negara 98 orang, Kadet Universitas Pertahanan 200 orang, mahasiswa daerah 100 orang, dan pengasuh/pendukung 342 orang.

"Jumlah total keseluruhan 1.845 orang, masing-masing 1.604 orang putra dan 241 orang putri," tambah Sri Wahyuni.

Materi kegiatan ada dua sasaran, yakni fisik dan nonfisik. Sasaran fisik meliputi karya bakti, perbaikan rumah ibadah, perbaikan poskamling, rumah tidak layak huni, pembersihan saluran air atau drainase, pembersihan sungai, perbaikan jalan atau pavingisasi, dan pengaspalan jalan desa digital.

Sedangkan kegiatan nonfisik adalah riset sosial penyuluhan (kesehatan narkoba dan lain-lain), wisata sejarah dan pendidikan kesadaran bela negara, promosi Akademi TNI, Akpol, Poltek SSN, Kadet Unhan, dan IPDN.

Sri Wahyuni menambahkan Latsitarda Nusantara 2024 dijadwalkan berlangsung pada pekan pertama Mei hingga awal Juni di sejumlah daerah di Kaltim, di antaranya Kota Balikpapan, Kota Samarinda, Kabupaten Penajam Paser Utara, dan Kutai Kartanegara.

Pewarta: Arumanto

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024