Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, menyiagakan personel untuk menjaga ketentraman dan ketertiban (trantib) wilayah jelang pemilihan umum (pemilu) 2024.
 
Kepala Satpol PP Kabupaten Penajam Paser Utara Margono Hadi Susanto di Penajam, Senin, mengatakan peningkatan kewaspadaan personel Satpol PP itu untuk mencegah potensi gangguan ketertiban umum yang berpotensi terjadi pada masa kampanye ataupun saat hari pemilihan.
 
Pencegahan gangguan ketertiban umum itu, lanjutnya, merupakan dukungan terhadap TNI dan Polri. Margono mengatakan jumlah personel Satpol PP yang disiagakan sebanyak 300 orang.
 
Margono mengatakan penyelenggaraan pemilu memiliki potensi aksi unjuk rasa. Personel Satpol PP dibutuhkan untuk membantu pengendalian massa mengamankan unjuk rasa apabila terjadi dalam pelaksanaan pemilu.
"Dari sekitar 300 personel, sebanyak 48 personel akan disebar di setiap kecamatan," katanya.
 
Sebanyak 48 personel disiagakan di wilayah kecamatan. Sedangkan 12 personel bertugas khusus membatu camat dalam.pelaksanaan ketertiban umum.
 
Para personel Satpol PP itu berada di bawah kendali operasi (BKO) kantor kecamatan untuk membantu menjaga trantib di wilayah kecamatan menyusul kewenangan camat untuk menjaga ketertiban umum di wilayah mereka.
 
"Untuk membantu tugas camat menjaga trantib terutama jelang pemilu, kami berikan BKO satu regu terdiri dari 12 orang," ujarnya.
 
Satpol PP Kabupaten Penajam Paser Utara dengan kekuatan penuh bakal membantu pengamanan pelaksanaan pemilu agar berjalan lancar, aman dan damai.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023