PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) meluncurkan House of Future (HoF), sebuah fasilitas pelatihan digital yang menggunakan teknologi Virtual Reality (VR) dan Operator Training Simulator (OTS) untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi karyawan di bidang operasi.
 
House of Future diresmikan oleh Direktur Utama Pupuk Kaltim Budi Wahju Soesilo bersama jajaran Direksi dan Komisaris Pupuk Kaltim di Bontang pada Kamis (7/12).
 
"Kami ingin memastikan bahwa karyawan Pupuk Kaltim memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar operasional pabrik, khususnya di bidang produksi. Dengan House of Future, karyawan kami dapat belajar dan berlatih secara virtual, seolah-olah mereka berada di lapangan," ujar Soesilo melalui keterangan tertulis yang diterima ANTARA Kaltim di Samarinda,Sabtu.
 
Soesilo mengatakan, House of Future merupakan salah satu upaya Pupuk Kaltim untuk menerapkan teknologi industry 4.0 dalam rangka mendorong produktivitas dan efektivitas perusahaan.
 
Ia menyebutkan, House of Future juga akan bermanfaat bagi seluruh karyawan Pupuk Kaltim dengan berbagai job profile, karena mereka dapat mengakses berbagai materi pembelajaran yang relevan dengan bidang kerja mereka.
 
"House of Future akan menjadi pusat pengetahuan dan inovasi bagi karyawan Pupuk Kaltim. Kami berharap dengan adanya fasilitas ini, karyawan kami dapat meningkatkan kualitas dan kinerja mereka, serta siap menghadapi tantangan industri di masa depan," tuturnya.
House of Future meningkatkan keterampilan dan kompetensi karyawan di bidang operasi. (Antaranews Kaltim/HO/PKT)
 
Sementara itu, Ketua Tim Pengembangan House of Future Ardi Harto Mulyo menjelaskan, House of Future menggunakan teknologi VR dan OTS yang dapat mensimulasikan seluruh proses produksi pabrik ammonia dan urea, termasuk menghadapi berbagai problem operasional dan solusinya.
 
"Teknologi VR dan OTS ini dibuat sesuai dengan desain dan filosofi pabrik ammonia dan urea yang ada di Pupuk Kaltim, sehingga karyawan kami dapat merasakan pengalaman yang nyata dan autentik," papar Ardi.
 
Dikemukakan Ardi, teknologi ini juga menghitung dan menampilkan berbagai parameter operasi berdasarkan prinsip-prinsip teknik kimia.
Pupuk Kaltim meluncurkan House of Future guna meningkatkan keterampilan dan kompetensi karyawan di bidang operasi. (Antaranews Kaltim/HO/PKT)
 
Ardi mengharapkan, House of Future dapat menjadi sarana bagi karyawan Pupuk Kaltim untuk terus belajar dan mengembangkan diri, serta menjadi individu berkualitas yang dapat mendukung pencapaian Pupuk Kaltim Emas di masa datang.
 
"Kami berterima kasih kepada manajemen Pupuk Kaltim yang telah mendukung pengembangan House of Future ini. Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan dan memperbaiki fasilitas ini agar dapat memberikan manfaat yang optimal bagi karyawan dan perusahaan," tutur Ardi.


 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023