Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur Jaya Mualimin, mengatakan upaya penguatan infrastruktur kesehatan di wilayah Benua Etam mendapatkan dukungan dari Komisi IX DPR RI.
 
"Kami mendampingi rombongan Komisi IX DPR RI selama masa reses Persidangan II tahun sidang 2023-2024. Kami harap ada kerja sama kuat antara pemerintah daerah dengan lembaga legislatif pusat," ujar Jaya saat dihubungi di Samarinda, Sabtu.
 
Dia menghargai dan berterima kasih atas inisiatif Komisi IX DPR-RI yang telah memilih Kalimantan Timur sebagai lokasi kunjungan kerja mereka.
 
"Itu adalah kesempatan berharga bagi kami untuk membangun sinergi yang lebih erat demi peningkatan layanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat," katanya.
 
Dalam kunjungan tersebut, sejumlah pembahasan yang muncul antara lain peningkatan kualitas layanan kesehatan, penanganan ketenagakerjaan, serta peran Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Badan POM, BKKBN, BPJS Kesehatan, dan BPJS Ketenagakerjaan demi mendukung pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Dinkes Kaltim prioritaskan jaminan kesehatan warga
 
"Kami berkomitmen terus memprioritaskan sektor kesehatan sebagai salah satu pilar utama pembangunan daerah. Kami percaya dukungan Komisi IX DPR-RI akan mempercepat langkah kami mencapai tujuan tersebut," ujarnya.

Jaya juga menekankan akses layanan kesehatan yang merata perlu diwujudkan ke semua lapisan masyarakat Kalimantan Timur.
 
"Kami terus berupaya memperluas akses layanan kesehatan, khususnya bagi masyarakat di daerah terpencil," ujar Jaya kepada ANTARA.
 
Kerjasama yang lebih erat dengan pemerintahan pusat, lanjutnya, akan sangat membantu pemenuhan fasilitas dan peningkatan kompetensi tenaga kesehatan.
 
Selain itu, Dinkes Kaltim menyoroti pula pemenuhan tenaga kerja kesehatan sebagai salah satu program utama mereka.

Baca juga: Kadinkes Kaltim paparkan visi pembangunan kesehatan
 
"Menciptakan lapangan kerja yang lebih luas dan berkualitas adalah tujuan kami. Kami percaya pemberdayaan sumber daya manusia melalui pelatihan dan pendidikan yang tepat adalah kunci untuk mencapai hal tersebut," katanya.
 
Dengan langkah-langkah strategis itu, Dinas Kesehatan Kalimantan Timur berharap dampak positif yang signifikan bagi kesejahteraan masyarakat, serta dukungan pertumbuhan ekonomi daerah melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia dapat terwujud. (Adv/Dinkes Kaltim)

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023