Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud mendorong warga untuk melaporkan kepada ketua rukun tetangga (RT) setempat terkait jalan yang belum diaspal demi mendukung kota itu sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Kami tidak bisa menjangkau semua (masyarakat). Jadi melalui mereka (ketua RT) sebagai kepanjang tangan kami agar kami mengetahui permasalahan," kata Rahmad Mas'ud, di Balikpapan, Minggu.

Ketua RT di Balikpapan, menurutnya, telah menerima dana operasional agar bekerja demi pembangunan Kota Minyak serta menjangkau wilayah hingga pelosok.

"Bukan hanya lingkungan, ketua RT juga bertanggung jawab tentang masalah kota, sosial, umum, anak dan orang terlantar. Kami tidak bisa menjangkau sampai ke situ (tingkat RT)," ujarnya.

Rahmad Mas'ud berjanji akan menindaklanjuti laporan warga yang disampaikan melalui ketua RT menyusul semangat Balikpapan untuk pemerataan pembangunan sebagai kota penyokong IKN Nusantara.

Baca juga: Balikpapan siapkan bus raya terpadu sambut IKN

"Di Balikpapan, ada jalan kota, negara, dan provinsi. Untuk jalan kota, saya pastikan akan ada perbaikan," tuturnya.

Namun untuk jalan provinsi maupun negara, Pemkot Balikpapan akan berkoordinasi dengan instansi yang berwenang terkait perbaikan jalan itu.

"Karena (jalan provinsi dan nasional) itu anggaranya bukan dari kami," katanya.

Rahmad mengatakan Pemkot Balikpapan terus menggenjot pembangunan dan perbaikan infrastruktur pendidikan dan kesehatan, selain infrastruktur dasar seperti jalan.

"Jika pembangunan itu belum maksimal, karena saya baru dua tahun menahkodai Balikpapan. Tapi, saya pastikan dalam setahun mendatang kami dorong semua pembangunan untuk kepentingan masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Geliat IKN pengaruhi perekonomian Balikpapan

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023