Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan  memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95 memberikan penghargaan  kepada para pemuda dan pemudi Balikpapan yang berprestasi.

“Kami memberikan apresiasi kepada pemuda dan pemudi Kota Balikpapan yang berprestasi, jumlahnya lebih dari 100 orang.  Namun yang hadir saat ini sebagai perwakilan diserahkan secara simbolis,” kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan Ratih Kusuma di Balikpapan Sabtu.

Ia mengatakan banyak banyak pemuda dan pemudi Kota Balikpapan yang berprestasi, baik tingkat daerah, nasional bahkan internasional.

“Seperti  dari Paskibraka tingkat nasional, provinsi dan tingkat kota, yang hari ini kami beri apresiasi,” katanya.

Selain itu ada juga  pemberian penghargaan kepada pemuda dan pemudi yang peduli lingkungan dan berprestasi dalam kancah internasional seperti Zidane (Mochammad Zidane Nur Adha) yang beberapa waktu lalu menerima penghargaan di Laos, Kamboja.

Menurutnya  ada banyak kategori penyerahan penghargaan lainnya. Seperti prestasi bidang pemuda pelopor teknologi informasi. Pemkot Balikpapan berkomitmen dalam mendukung peran serta generasi muda berprestasi.

“Kami berusaha menggandeng seluruh organisasi kepemudaan dan untuk semua kegiatan, sesuai target Indeks Pembangunan Pemuda (IPP), seperti yang diamanahkan oleh pemerintah,” katanya.

Ratih  berharap, para pemuda secara mandiri dapat melakukan pengembangan karakter dan  mendukung Indonesia Emas tahun 2030.

Sebelumnya, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menyatakan pemuda Balikpapan harus bangkit dan maju karena akan menghadapi tantangan sebagai daerah penyangga ibu kota baru, namun tetap mengusung semangat kebersamaan.

Ia menilai anak muda sekarang sangat maju, gaya milenial, lebih menguasai teknologi.

“Saya kira anak muda sekarang lebih hebat terbukti di kabinet Jokowi banyak anak-anak muda,” jelasnya.

Menurutnya  dengan majunya teknologi tidak dipungkiri juga  ada dampak negatifnya. Tapi di anjurkan anak muda ambil positif nya  untuk lebih maju.

“Dengan semangat dan momentum Hari Sumpah Pemuda ini agar para pemuda sebagai penerus bangsa bisa melanjutkan perjuangan para pemuda  dulu meraih kemerdekaan Republik Indonesia,” ujar Rahmad Mas’ud.

Sementara peringatan HSP di Kota Balikpapan digelar di halaman Balai Kota Balikpapan dimulai dengan upacara pengibaran bendera merah putih, yang dipimpin langsung  Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud. (Adv)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023