Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar berbagai kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 yang bertema "Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju".
 
"Seluruh elemen masyarakat harus berpartisipasi dalam kegiatan yang akan kita lakukan melalui beberapa rangkaian," ujar Kelapa Dinkes Kaltim Jaya Mualimin di Samarinda, Rabu.
 
Jaya mengatakan HKN merupakan agenda tahunan yang jatuh pada 12 November 2023. Namun, karena bertepatan dengan hari Minggu, maka puncak peringatan HKN akan dilaksanakan pada 13 November 2023 di halaman kantor gubernur di Jalan Gajah Mada Samarinda.
 
Ia menjelaskan rangkaian kegiatan HKN meliputi sarasehan yang melibatkan seluruh stakeholder di bidang kesehatan pada 14 November 2023, ramah tamah dengan ASN, tenaga honorer, purna tugas, dan pimpinan institusi pendidikan pada 17 November 2023 di aula Dinas Kesehatan, serta jalan sehat, gowes, bakti sosial, dan bazar pada 18 November 2023 di aula GOR Kadrie Oening, Sempaja.
 
"Untuk bazar kita melibatkan UMKM dan ada banyak hadiah yang sudah disiapkan seperti motor, kulkas, serta TV. Kalau ada masyarakat umum yang berpartisipasi tidak masalah. Kami sifatnya ingin kegiatan ini dinikmati semua kalangan masyarakat," ucapnya.
 
Jaya  mengungkapkan akan mengevaluasi sistem kesehatan di Kaltim yang mengalami transformasi seiring dengan diberlakukan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan. Salah satu perubahannya adalah kelembagaan rumah sakit yang kini menjadi unit organisasi di bawah Dinas Kesehatan.
 
"Tujuannya adalah untuk mensinkronkan kegiatan terkait kesehatan agar bisa dikoordinasikan dan diatur agar semua ada pengendalian dalam satu komando. Jadi, kalau ada masalah terkait layanan yang tidak puas, masalah terkait saran, bisa langsung melalui badan pengawas rumah sakit yang kedudukannya di Dinkes," tuturnya.
 
Jaya juga menyebutkan penambahan tim medis mengikuti ketersediaan pelayanan. Tahun ini banyak tenaga kesehatan yang mendapat beasiswa untuk sekolah spesialis dan akan kembali bertugas di Kaltim setelah lulus. Tahun ini juga sudah beberapa gedung rumah sakit baru di Kaltim yang diresmikan.
 
"Jadi sistem pelayanan kesehatan di Kaltim diharapkan ke depannya lebih baik dari sebelumnya. Kalau infrastruktur kesehatan bertambah pastilah akan berpengaruh," katanya.(Adv)
 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023