Anggota DPRD Kalimantan Timur M. Udin menilai kinerja gubernur Isran Hadi dan wakilnya Hadi Mulyadi belum tuntas dalam menyelesaikan berbagai masalah terutama terkait infrastruktur jalan, pendidikan, dan tenaga kerja.
 
“Beliau pun menyadari bahwa banyak masalah-masalah yang belum bisa beliau selesaikan selama lima tahun jabatan beliau, tapi perlu menjadi koreksi,” kata M. Udin di Samarinda, Sabtu.
 
Ia mengatakan, kondisi infrastruktur jalan di sejumlah daerah di Kalimantan Timur sangat memprihatinkan, seperti jalan ke Samarinda-Kutai Barat, Samarinda-Bontang, Berau-Tanjung Redeb, Samarinda-Tenggarong-Kota Bangun, dan Tenggarong-Kota Bangun.
 
“Penyebabnya adalah tambang ilegal karena setiap koridoran  melalui jalan umum. Ini sebenarnya tidak ada ketegasan dari pemerintah kita termasuk aparat kita juga,” ujar M. Udin.
 
Ia menambahkan, pemerintah provinsi harus mengklaim atau melaporkan kepada pihak berwenang oknum-oknum yang menggunakan jalan tersebut untuk kepentingan tambang ilegal.
 
“Apapun itu kita berharap bahwa Pj (penjabat) gubernur yang akan datang itu bisa membenahi, mengevaluasi berkaitan dengan kinerja seluruh OPD (organisasi perangkat daerah) yang berkaitan dengan jalan-jalan dan yang lainnya,” tutur Udin.
 
Selain infrastruktur jalan, Udin juga menyoroti masalah pendidikan dan tenaga kerja di Kalimantan Timur. Ia mengungkapkan ada kasus di Kabupaten Berau dimana seorang anak tidak bisa sekolah di dekat rumahnya yang hanya berjarak 350 meter dari sekolah, tetapi harus bersekolah 7 kilometer dari rumahnya.
 
“Masalah berikutnya  adalah masalah tenaga kerja.   Tenaga kerja kita kan sedang tidak baik-baik saja,” ungkap M. Udin.
 
Ia juga mempertanyakan investor asing yang banyak mempekerjakan kaum ekspatriat, namun tenaga kerja lokal minim diberdayakan atau diakomodir.
 
Diakuinya  sumber daya manusia di Kalimantan Timur kurang memiliki keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan industri. Oleh karena itu diharapkan pemerintah provinsi membuat pelatihan-pelatihan dan tempat untuk mengasah skill bagi anak-anak muda yang ingin bekerja.
 
“Kalau tidak berbenah dari sekarang, bakal ketinggalan,” katanya.

M. Udin juga mengucapkan terima kasih kepada pasangan Isran- Hadi atas dedikasi selama ini. (Adv/DPRD Kaltim)
 
 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023