Sebanyak 10 tim berhasil melaju ke babak Grand Final PKT-GAMA Business Case Competition 2023 yang diselenggarakan oleh Keluarga Alumni Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (KAFEGAMA) yang bersinergi dengan PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) dan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM).
 
"Lima tim merupakan peserta untuk kategori S1 yang berasal dari Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Udayana Bali, dan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar," kata VP Riset Pupuk Kaltim Awalia Noor Baroroh melalui press release yang diterima di Samarinda, Kamis.
 
Sementara itu, katanya, lima tim grand finalis lainnya untuk kategori S2 berasal dari Universitas Gadjah Mada (sebanyak dua tim), Universitas Kristen Petra Surabaya, Universitas Indonesia, dan Monash University Indonesia.
 
Sebelumnya, sebanyak 24 tim, masing-masing 12 tim untuk tingkat S1 dan S2 telah mengikuti tahap Challenge I yang diadakan pada Sabtu, 29 Juli 2023 di Kampus Magister Manajemen (MM) UGM Jakarta.
 
Tahapan tersebut merupakan tahap presentasi yang pertama setelah tahap seleksi administrasi dan pra-kompetisi yang telah menampung lebih dari seratus tim pendaftar.
 
Manajemen Pupuk Kaltim bersama para juri BCC PKT-GAMA. (Antaranews Kaltim/HO/PKT)

Pada babak Challenge I, peserta diajak untuk berpikir kritis dalam mengidentifikasi serta merencanakan berbagai solusi potensial atas problematika terkini yang paling relevan terkait penerapan prinsip-prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) oleh Pupuk Kaltim di seluruh lini operasional perusahaan. 
 
“Melalui ajang kompetitif ini, kami mengajak generasi muda Indonesia untuk tidak hanya tahu cara berpikir kritis, tetapi juga tahu bagaimana cara menempatkan buah-buah pikiran kritis tersebut pada waktu dan tempat yang benar," ungkap Awalia.
 
Dikemukakannya, dengan tingginya urgensi akan pertimbangan keberlanjutan hidup di hampir seluruh sektor bisnis dan industri masa kini, kita dituntut untuk semakin inovatif dengan ruang gerak yang lebih terbatas dikarenakan harus mempertimbangkan faktor lingkungan. 
 
Pupuk Kaltim sadar akan kompleksitas dari problematika ini kedepannya dan oleh karenanya berkomitmen untuk memulai investasi sedini mungkin, salah satunya adalah dengan menyelenggarakan edukasi penerapan ESG kepada mahasiswa dalam sajian kompetisi seperti BCC ini.
 
Sementara itu dari sudut pandang pengusaha sekaligus Komisaris Utama BPR Lestari Group, Suzana Chandra, beberapa aspek harus digarisbawahi untuk penentuan peserta terbaik di babak awal ini. 
 
“Yang pertama adalah perlu diketahui apakah mereka benar-benar paham masalahnya. Yang kedua adalah soal analisa datanya, terkait data-data yang mereka ambil seperti apa," sebut Awalia.
 
Disampaikannya, dari data-data yang diambil kemudian bisa menyimpulkan metode apa yang harus digunakan untuk mendapatkan solusi. Setelah mendapatkan solusi kemudian masih dilihat lagi apakah itu bisa diaplikasikan atau tidak, apakah ukuran sampelnya cukup bagus dan sebagainya.
 
"Jadi tahapan-tahapannya ini merupakan framework berpikir yang terdiri mulai dari kondisi dan identifikasi masalah sampai dengan analisa dan solusi," kata Awalia.
 
Ia menerangkan, ajang BCC yang merupakan kolaborasi antara Pupuk Kaltim dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) digelar untuk kedua kalinya sejak pertama dilaksanakan tahun 2022 lalu. 
 
Salah satu peserta yang lolos final BCC PKT-GAMA. (Antaranews Kaltim/HO/PKT)

 
Mengusung tema Agribusiness Sustainability through ESG Development, kompetisi ini menyasar mahasiswa S1 dan S2 sebagai generasi penerus kepemimpinan bangsa untuk sadar terhadap kondisi sektor agribisnis yang tidak hanya soal profit dan pemenuhan produksi, tetapi juga memerlukan pertimbangan aspek keberlanjutan lingkungan hidup. 
 
Juri lainnya dalam babak Challenge I BCC ini, Alvina Elysia, Direktur PT Kaltim Nusa Etika, mengungkapkan beberapa hal lainnya yang menarik dalam babak BCC kali ini.
 
 “Banyak juga peserta yang bisa mengelaborasi pengetahuan yang mereka dapatkan di bangku perkuliahan dan mampu mengutarakan rencana implementasinya di dalam industri. Pengalaman ini tentu akan menjadi sangat berguna bagi mereka di dunia kerja nantinya," tutur Awalia.
 
Lebih lanjut, mereka dapat menggunakan point of view dari berbagai sisi, baik itu holistic view, management, bahkan sampai ke social impact-nya. Semua ini akan menjadi saat bermanfaat ketika mereka turun ke dunia kerja, baik itu untuk impact untuk profesionalitasnya, maupun ke masyarakat.
 
Selanjutnya, imbuhnya, ajang BCC ini akan diteruskan dengan babak final BCC Challenge II yang akan diselenggarakan pada tanggal 26 Agustus 2023 di Kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM di Yogyakarta. 
 
Dalam babak final yang akan diuji oleh juri-juri dari kalangan praktisi profesional seperti Menteri BUMN Republik Indonesia Erick Thohir (dalam konfirmasi), Sekretaris Umum PP KAFEGAMA (ADK OJK) Dr. Friderica Widyasari Dewi, dan Founder Eden Farm David Setyadi Gunawan, peserta akan berkesempatan untuk memenangkan hadiah dengan total senilai Rp113 juta.
 
*Untuk keterangan lebih lanjut mengenai pelaksanaan kompetisi PKT-GAMA BCC 2023 silahkan mengunjungi website gamabcc.com.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023