Universitas Mulawarman (Unmul) bersama Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Universitas Brawijaya (UB) membentuk konsorsium guna mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
 
"Kami memiliki komitmen bersama dalam mendukung pendidikan tinggi di IKN Nusantara, termasuk penguatan program studi di masing-masing perguruan tinggi," ujar Rektor Unmul Abdunnur di Samarinda, Rabu.
 
Abdunnur mengatakan konsorsium itu berkolaborasi dengan Badan Otorita IKN untuk mempercepat persiapan masyarakat menghadapi implementasi IKN di Nusantara.
 
Selain itu, Unmul dan lima universitas negeri lain itu juga mendukung pembangunan universitas internasional di IKN yang akan menjadi tolok ukur perguruan tinggi di Indonesia.
 
Abdunnur menjelaskan mereka telah melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan beberapa deputi di IKN Nusantara. Tujuannya, pelaksanaan kegiatan pemberdayaan masyarakat di daerah penyangga IKN.
 
"Tahun ini, kami berencana meningkatkan kemampuan dan keahlian masyarakat di daerah tersebut melalui kerja sama yang intens," kata Abdunnur.

Baca juga: IKN Goes to Campus Unmul kenalkan konsep 'Kota Hutan'

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023