Wakil Rektor Universitas Mulawarman (Unmul) Prof. Lambang Subagiyo di Samarinda, Kalimantan Timur mengungkapkan, salah satu program studi yang kurang diminati calon mahasiswa baru berdasarkan Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2023 di Unmul yakni Program studi Etnomusikologi.

"Prodi Etnomusikolog kurang peminat, ini peluang bagi mahasiswa yang ingin mendaftar untuk jalur mandiri masih bisa mengambil Prodi Etnomusikologi," kata
Prof Lambang Subagiyo di Samarinda, Minggu.

Program studi Etnomusikologi merupakan bagian dari Fakultas Seni Pertunjukan yang mempelajari bentuk seni berkaitan dengan penguasaan teknik garapan dan dokumentasi musik etnis. Berdasarkan data penerimaan mahasiswa baru Unmul tahun 2022 jurusan seni pertunjukan ini juga sepi peminat, tercatat dari kuota 26 calon mahasiswa yang tersedia hanya enam pendaftar Mahasiswa.

Menurut Prof Lambang untuk program studi yang paling banyak mengambil mahasiswa adalah Fakultas Kehutanan (Fahutan) sebanyak 100 Mahasiswa, tetapi Fahutan itu hanya memiliki satu program studi.

"Pada tahun ini peserta yang dinyatakan lolos UTBK di Unmul dari total 27.856 calon mahasiswa dan yang diterima sebanyak 2.609 mahasiswa," katanya.

Prof lambang mengatakan, calon mahasiswa yang diterima di Unmul melalui Jalur SNBT 2023 tersebut merupakan peserta Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diadakan di berbagai lokasi di seluruh Indonesia, pada tanggal 8-14 Mei 2023 (Gelombang 1) dan tanggal 22-28 Mei 2023 (Gelombang 2).

Pada pelaksanaan UTBK tersebut, Unmul merupakan salah satu dari 74 Pusat UTBK yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Unmul juga memiliki prodi paling ketat persaingannya dalam jalur SNBT, yaitu Prodi Kedokteran dengan nilai minimum yang cukup tinggi diatas 660,” ungkap Prof. Lambang yang juga sebagai Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UNMUL.

Lebih lanjut Prof. Lambang menambahkan bahwa pemerintah memberi kesempatan apabila jalur SNBP dan Jalur SNBT ini tidak terpenuhi maka dialihkan ke jalur mandiri.

"Setelah pengumuman SNBT, kita saat ini mempersiapkan jalur mandiri dari 13-30 Juni 2023 dan Kemudian kita melaksanakan seleksi jalur mandiri dilaksanakan pada tanggal 3-8 Juli 2023,” kata Prof. Lambang. 
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023