Sejumlah komunitas Bank Sampah yang tergabung dalam Forum Bank Sampah Kota Samarinda menggelar aksi pungut dan pilah sampah di Tepian Mahakam, dalam rangka memperingati Hari Peduli Lingkungan Hidup 2023.
 
"Kegiatan ini wujud kolaborasi bersama  melibatkan lima unsur  yaitu pemerintah, dunia usaha, perguruan tinggi, media massa, dan masyarakat melalui komunitas bank sampah serta komunitas kemasyarakatan lainnya," kata Pembina Forum Bank Sampah Kota Samarinda Iwan Harwidian Maharisma di Samarinda, Minggu.
 
Iwan  yang juga Direktur Bank Sampah Induk Kota Samarinda mengatakan, total sampah plastik yang terkumpul pada  saat aksi hari ini sebanyak 180 kilogram, yang akan dikonversikan menjadi uang, dengan hasil tersebut semuanya akan disumbangkan ke Rumah Kanker Samarinda.
 
Menurutnya, tujuan kegiatan pungut sampah  tersebut  dalam rangka memperingati hari peduli lingkungan hidup 2023  dengan tema  perangi sampah plastik  yang juga sebagai sarana silaturahmi dan komunikasi sekaligus Halal Bi Halal Direksi dan Manajemen Bank Sampah se-Kota Samarinda.
 
"Kegiatan ini juga sebagai bentuk syukur atas prestasi Kota Samarinda mendapatkan sertifikat Adipura tahun 2022 untuk kategori Kota Besar," katanya.
 
Adapun tujuan lain adalah sebagai  sarana edukasi dan kampanye untuk mengajak masyarakat Kota Samarinda membentuk sistem pengelolaan sampah yang ramah lingkungan. Mengelola sampah mulai dari sumber, skala kawasan berbasis masyarakat melalui kegiatan Bank Sampah.
 
Iwan menuturkan,  pelaksanaan pungut dan pilah sampah di Tepian Mahakam Samarinda sebagai media promosi pariwisata Kota Samarinda dengan potensi Tepian Mahakam sebagai Ruang Terbuka Hijau yang indah dan harus dijaga kebersihannya serta tempat wisata religi Islamic Center.
 
"Mari kita dukung dan ramaikan bersama, demi mewujudkan Kota Samarinda bersih dan asri, layak dihuni, serta mudah mencari rejeki," ucap Iwan.
 
Sementara itu, Koordinator Pengurangan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Samarinda Eka Nur Wahidah menyampaikan, kegiatan pungut dan pilah sampah menunjukkan bahwa masih banyak komunitas yang peduli terhadap lingkungan sekitar.
 
Ia menyebutkan, kegiatan pilah sampah ini patut disyukuri, karena hasilnya akan dirupiahkan dan disumbangkan ke Rumah Kanker Samarinda.

 Eka mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Forum Bank Sampah Kota Samarinda, bahwa aksi nyata tersebut sangat bermanfaat mengurangi sampah plastik yang bertebaran di wilayah Tepian Mahakam.
 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023