Komandan Kodim 0912 Kutai Barat (Kubar)  Letkol Kavaleri Yudi Prasetyo Purnomo menyampaikan apresiasi dan bangga atas prestasi para pembalap Cheetah 89 Kutai Barat di ajang Black List Open Race di Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara.

Cheetah 89 adalah tim balap binaan Kodim 0912 Kutai Barat. Black List Open Race memperebutkan Piala Gubernur Kaltim. Balapan diselenggarakan di sirkuit non permanen di Stadion Aji Imbut di Tenggarong Seberang 11-12 Maret lalu.

Di ajang itu, pembalap Cheetah Dimas Juliatmoko menjadi juara di kelas 125 Non Built-Up Open—balapan menggunakan motor bebek dengan kapasitas silinder mesin 125 cc. Kemudian di kelas yang sama namun khusus untuk pembalap berlatar belakang tentara atau polisi, atau juga pegawai sipil negara, Cheetah sukses menempatkan Agus Susanto.

“Saya bersyukur  dan  bangga tak terhingga,” kata Dandim Yudi Prasetyo setelah menyerahkan piagam tanda penghargaan kepada pembalap dan tim di Markas Kodim 0912 Jalan Gajah Mada, di Barong Tongkok, Senin.

Dengan prestasi yang ditorehkan Dimas Juliatmoko dan Cheetah Racing ini, Dandim yakin putra-putri Kutai Barat bisa berprestasi di event bergengsi.

Ia berharap prestasi ini bisa menjadi motivasi untuk terus berlatih dan berusaha mencapai target yang lebih tinggi lagi. Prestasi juga bisa menarik banyak pihak untuk andil menjadi sponsor.

Menurutnya, Cheetah Racing Team memiliki 5 pembalap dengan 3 motor untuk turun di kelas 125 Non Built Up dan kelas 125 ASN/TNI-Polri.

Dandim Yudi Prasetyo menambahkan, Kodim membina klub balap motor adalah untuk memberi ruang dan kesempatan bagi mereka yang suka adu pacu motor.

Dikemukakannya, dengan dikumpulkan di dalam klub, maka pembalap menjadi bertanggung jawab seperti menggunakan alat keselamatan baju khusus balap dan helm standar balap, dengan motor atau kendaraan yang diatur khusus balap sehingga juga aman, dan pembalap hanya di sirkuit sehingga tidak membahayakan orang lain.

“Bahkan sekarang sudah meraih berprestasi,” kata Dandim.

Sementara itu  balap motor memang jadi kegemaran masyarakat di Kutai Barat. Induk olahraga motor,  Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kubar bahkan mengelola Sirkuit Lanay Jaya, sebuah sirkuit bertaraf nasional di Linggang Bigung yang kerap kali jadi tuan rumah seri kejuaraan nasional balap motor.

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023