Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Samsun meninjau langsung  realisasi pelaksanaan aspirasi warga Sanga-Sanga Dalam, Kecamatan Sanga-Sanga, Kabupaten Kutai Kartanegara terkait  normalisasi sungai di RT 2.

“Hari ini kita melakukan peninjauan langsung terhadap pelaksanaan normalisasi sungai di wilayah RT 2 Kelurahan Sanga-Sanga Dalam yang merupakan aspirasi warga beberapa waktu lalu, " kata Samsun  disela-sela peninjauan, Kamis.
 
Ia mengemukakan, sebelumnya sungai di wilayah RT 2 diduga sebagai penyebab sering terjadinya banjir di daerah Sanga-Sanga Dalam. Karena  terjadi pendangkalan padahal  air sungai tersebut mengalirkan air dari wilayah hulu Sanga-Sanga Dalam hingga ke sungai besar.
 
Meskipun normalisasi telah dilakukan namun belum tuntas, yang menjadi harapan besar warga dapat mengurangi intensitas banjir. Sebelumnya daerah tersebut  menjadi langganan banjir cukup tinggi, tetapi saat ini sudah mampu mengurangi intensitas banjir, kalaupun banjir airnya sudah cepat surut.

"Meski begitu, masalah ini masih menjadi pekerjaan rumah (PR) bahwa ada pekerjaan lanjutan normalisasi sungai tersebut, karena sejauh ini normalisasi sungai baru sekitar 50 persen dari panjang sungai yang ada," katanya. 
 
Samsun menegaskan, pekerjaan normalisasi sungai di RT 2 Kelurahan Sanga-Sanga Dalam  masih harus dilanjutkan pada tahun anggaran berikutnya.

Sementara itu warga Kelurahan Sanga-Sanga Dalam sangat senang dengan direalisasikannya aspirasi mereka oleh DPRD Kaltim, meskipun belum tuntas seratus persen, namun sudah ada perubahan berkurangnya intensitas banjir yang selama ini terjadi di kawasan Sanga-Sanga Dalam.(Fan/ADV/DPRD Kaltim).
 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023