Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim Saefuddin Zuhri mengatakan masyarakat wajib memahami hak dan kewajiban dirinya sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).


“Harus mengerti gimana hak dan kewajiban sebagai Warga Negara Indonesia untuk memberikan kemajuan negara Indonesia nanti yang lebih baik lagi,” kata Saefuddin di Samarinda, Jumat.

Hal tersebut dikatakan Saefuddin dalam kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Tentang Bhineka Tunggal Ika yang digelar di Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag) di Jalan Juanda, Samarinda.

Sebagai informasi, Saefuddin berkesempatan menjadi narasumber terkait materi sosialisasi Empat Konsensus  Dasar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, yakni Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika.

“Sosialisasi ini guna memberikan pemahaman kepada adik-adik kita, anak-anak remaja kaitannya dengan wawasan kebangsaan, nasionalisme dan kepedulian terhadap Indonesia, negara yang besar ini,” terangnya.

Ratusan mahasiswa dari berbagai jurusan mulai dari Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum, Fakultas Kehutanan dan lain sebagainya hadir menjadi peserta sosialisasi tersebut.

“Banyak mahasiswa yang hadir dan perlu dikasih mata kuliah atau wawasan kebangsaan ini. Harapannya yang ikut ini mengerti dan disampaikan kepada teman-temannya yang lain untuk memberikan pemahaman agar mempunyai jiwa nasionalisme yang tinggi,” harapnya.

Ia menambahkan, kepentingan bangsa dan negara menjadi lebih penting dan utama daripada kepentingan pribadi ataupun suatu golongan.

“Kalau sudah menjadi anggota legislatif ya menjadi kepentingan bangsa dan negara. Saya Nasdem, kalau sudah masuk parlemen itu yang punya adalah semua masyarakat yang ada di Kaltim, bukan orang yang memilih saya saja,” jelasnya.

Pewarta: Gunawan Wibisono/R'sya R

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022