Samarinda (ANTARA Kaltim)– Pemprov Kaltim akan kembali menggelar pameran pembangunan bertajuk Kaltim Expo 2013. Berbeda dengan tahun lalu, Kaltim Expo kali ini akan digelar di Hotel Atlet Sempaja di Kompleks Stadion Sempaja Samarinda, 19 – 23 Agustus 2013.  Even tahunan ini merupakan rangkaian acara untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-68.

Kepala .Badan Perizinan dan Penanaman Modal Daerah (BPPMD) Kaltim Diddy Rusdiansyah mengatakan, Kaltim Expo merupakan even strategis sebagai sarana promosi daerah, perusahaan swasta dan usaha kecil menengah (UKM). Kaltim Expo akan  menampilkan semua informasi hasil pembangunan lima tahun terakhir, baik pembangunan fisik  maupun non fisik.

"Saya berharap para pemangku kepentingan dapat memanfaatkan penyelenggaraan ini sebaik-baiknya dengan menjadi peserta, sehingga nantinya masyarakat akan mengerti sejauh mana keberhasilan pembangunan selama ini," kata Diddy Rusdiansyah, Sabtu (27/7).

Didampingi Marketing Manager PT ADW Bersaudara yang menjadi mitra pemerintah dalam penyelenggaraan Kaltim Expo 2013, Astrid, Diddy menjelaskan masyarakat dapat memperoleh informasi lebih lengkap dari penyelenggaraan Kaltim Expo tahun ini sebab informasi pembangunan yang disajikan akan lebih lengkap karena merupakan rangkuman dari proses pembangunan yang dilakukan seluruh satuan kerja perangkat daerah dalam waktu lima tahun terakhir atau dalam rentang RPJMD 2008 – 2013.

Selain informasi pembangunan yang akan disajikan, panitia juga menyiapkan stand promosi tentang potensi dan peluang bidang infrastruktur, energi, batubara, industri dan perdagangan, pertanian dalam arti luas dan kehutanan. Sektor lain seperti produk-produk dan jasa yang dihasilkan perusahaan skala besar, menegah dan kecil juga akan disajikan di sini.

Kaltim Expo rencananya akan  dibuka Gubernur Kaltim, H Awang Faroek Ishak pada 19 Agustus malam. Selama pelaksanaan Kaltim Expo panitia juga menyiapkan berbagai kegiatan diantaranya panggung hiburan,  lomba fashian show, parade band, arena bermain dan lomba kuliner tradisional nasi kuning.

Sementara Manager Marketing PT ADW Bersaudara, Astrid menjelaskan, sembari melihat stand demi stand,  pengunjung dapat  menikmati hiburan, sekaligus berbelanja produk berkualitas dengan harga terjangkau. Panitia juga akan menyediakan hiburan artis ibukota salah satunya penyanyi ternama, Betharia Sonata. Sedangkan penutupan  akan diisi penyerahan penghargaan pemenang berbagai lomba, termasuk penampilan artis ibukota dan gitaris Padi Piyu.

Kaltim Expo 2013 menyediakan 170 stand pameran. Pesertanya dari semua SKPD lingkup Kaltim, dan kabupaten/kota, BUMN/BUMD, usaha binaan koperasi, industri dan pengrajin, lembaga pendidikan dan keterampilan, perbankan, perusahaan multi produk, informasi dan telekomunikasi.

106 stand berada di dalam hotel atlet dan sisanya 64 stand dengan tenda Rooder berada diluar hotel. Promosi outomotif, kuliner dan UMKM akan berada di area luar sehingga akan menjadi kawasan pertama yang akan disaksikan para pengunjung.

"Masih tersisa sekitar 27 stand yang masih bisa diisi. Karena itu, kepada masyarakat yang ingin berpartisipasi kami masih menyediakan ruang untuk promosi ini,” kata Astrid.

Even ini juga akan diikuti sejumlah Kementerian dan peserta dari luar negeri, yang diantaranya datang dari Nothern Territory, Australia dan peserta dari Kuching, Malaysia. Kaltim Expo merupakan bagian tidak terpisahkan dari pelaksanaan Kaltim Summit 2013 yang akan digelar di Balikpapan. (Humas Prov Kaltim/sar).

 





Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013