Sabtu, 22 Juli 2017

Peringatan Harkitnas DirangkaiGroundbreaking Proyek Strategis

id balikpapan, harkitnas, menkominfo rudiantara, jalan tols amarinda-balikpapan, gubernur awang faroek ishak
 Peringatan Harkitnas DirangkaiGroundbreaking Proyek Strategis
Peringatan Harkitnas di Kaltim pertama kali dihadiri seorang menteri, Menkominfo, Rudiantara. Dalam gladi bersih tampak Gubernur Kaltim, Awang Faroek memberi pengarahan, menyaksikan gladi bersih dan memberi arahan kepada anggota paduan suara dari SMA Negeri 1 Balikpapan yang ambil bagian pada per
 Balikpapan (ANTARA Kaltim) – Berpusat di Kilometer (KM) 13 Balikpapan atau persimpangan jalur jalan tol Samarinda-Balikpapan. Peringatan  Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-107 Tahun 2015 tingkat nasional siap digelar, Rabu (20/5).

Sejak pukul 07.00 Wita Selasa (19/5), ratusan peserta upacara memadati lapangan atau persisnya di bundaran jalan tol Samarinda-Balikpapan yang dijadikan lokasi pelaksanaan gladi bersih upacara peringatan Harkitnas tahun ini.

Peserta upacara mencapai ratusan orang tersebut terdiri dari unsur TNI/Polri serta instansi pemerintah baik PNS lingkup Pemprov Kaltim maupun instansi Pemkot Balikpapan serta para pelajar dan mahasiswa.

Tampak Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak didampingi Kepala Kesbangpol Kaltim Yudha Pranoto dan Kepala Satpol Pamong Praja Kaltim Hasanuddin  mengikuti secara langsung pelaksanaan gladi bersih persiapan upacara peringatan Harkitnas. Tampak pula hadir seluruh pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Pemprov Kaltim

Peringatan Harkitnas kali ini rencananya bertindak sebagai inspektur upacara Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara yang secara khusus datang ke Kaltim mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Peringatan Harkitnas khusus Kaltim tahun ini mengusung dua tema. Tema nasional “Melalui Hari Kebangkitan Nasional Kita Bangkitkan Semangat Kerja Keras Mewujudkan Indonesia Maju dan Sejahtera”, sedangkan tema daerah “Melalui Semangat Hari Kebangkitan Nasional Kita Sukseskan Percepatan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur dan RKPD Pemerintah Provinsi Kaltim Tahun 2015-2016”

Menurut Gubernur Awang Faroek Ishak di sela gladi bersih, tema Harkitnas tahun ini sangat besar maknanya terutama dalam menggalang kekuatan daerah untuk menyukseskan berbagai program pembangunan nasional.

“Apa yang telah dicanangkan pemerintah Pusat saya rasa sangat sesuai dengan semangat pembangunan yang kita tetapkan, terutama dalam upaya memajukan daerah dan menyejahterakan rakyat,” kata Awang Faroek Ishak.

Selain itu lanjutnya, pelaksanaan gladi bersih ini berjalan sukses sekaligus menandakan semangat masyarakat di daerah untuk mendukung program pembangunan nasional yang telah ditetapkan pemerintahan Presiden Jokowi melalui Kabinet Kerja.

Gubernur mengakui walaupun yang hadir Menteri Kominfo mewakili Presiden Jokowi namun menteri merupakan perpanjangantangan pemerintah pusat yang tentunya diharapkan mampu menyuarakan aspirasi daerah.

“Peringatan Harkitnas ini dihadiri Menteri Kominfo. Acara kita rangkai dengan groundbreaking beberapa proyek strategis di perbatasan serta peresmian rumah sakit pratama juga syukuran kelanjutan pembangunan jalan tol Samarinda-Balikpapan,” ujar Gubernur.

Awang Faroek berharap kehadiran Menteri Kominfo Rudiantara serta dilakukan groundbreaking dan peresmian maupun syukuran pada Harkitnas ini maka percepatan pembangunan infrastruktur Kaltim dapat diwujudkan segera.

Gubernur juga mengharapkan agar seluruh masyarakat Kaltim tidak terkecuali pihak swasta dapat terlibat dan berperan aktif dalam pelaksanaan pembagunan, sehingga Kaltim ini menjadi daerah yang maju dan berdaya saing sama dengan daerah yang sudah maju.

Gladi  bersih peringatan Harkitnas ke-107 Tahun 2015 selain upacara bendera juga dirangkai dengan penandatangan kerjasama Kemen Kominfo, Pemprov Kaltim, Kalimantan Utara dan Kalimantan Barat dengan LPP RRI dan LPP TVRI dalam percepatan pembangunan dan pemanfaatan teknologi informatika dalam pelayanan telekomunikasi.(Humas Prov Kaltim/yans)

 

Editor: Rahmad

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Baca Juga

Generated in 0.027 seconds memory usage: 0.36 MB