Dirjen EBTKE serahkan 5.740 unit LTSHE kepada masyarakat kabupaten Asmat dan Jayawijaya

Pewarta : Primasatya

Dirjen EBTKE serahkan 5.740 unit LTSHE kepada masyarakat kabupaten Asmat dan Jayawijaya

Dirjen EBTKE Rida Mulyana (tengah) berfoto bersama anak-anak dari kabupaten Asmat, Papua setelah penyerahan LTSHE

Asmat, Papua (Antara News) -- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) menyerahkan 922 unit lampu tenaga surya hemat energi (LTSHE) kepada masyarakat kabupaten Asmat dan 4.818 unit kepada masyarakat kabupaten Jayawijaya, Papua, Jumat (16/2). 

Penyerahan LTSHE di kedua kabupaten ini merupakan salah satu rangkaian kunjungan Dirjen EBTKE ke provinsi Papua setelah kabupaten Lanny Jaya yang memperoleh 29.155 unit LTSHE pada Rabu (14/2).

Dalam sambutannya, Dirjen EBTKE Rida Mulyana mengatakan, LTSHE merupakan upaya pra-elektrifikasi sambil menunggu hadirmya jaringan listrik yang permanen. "Kita tidak ingin masyarakat menunggu terlalu lama untuk merasakan akses penerangan berupa lampu, maka LTSHE ini dibagikan, agar dapat digunakan dan bermanfaat terutama untuk anak sekolah agar dapat belajar dengan baik di malam hari” ungkap Rida.

922 unit LTSHE akan dibagikan ke delapan distrik dan 15 desa di kabupaten Asmat. Sedangkan, 4.818 unit akan terpasang di 18 distrik dan 134 desa di kabupaten Jayawijaya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Asmat Elias Kambu menyampaikan rasa terima kasih kepada Kementerian ESDM dan juga mengusulkan pembangunan pembangkit listrik tenaga surya. "Hadirnya LTSHE tentunya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya anak-anak dalam belajar," ujar Elias.
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2017