Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Kaltim Siti Farisyah Yana mengharapkan para penggiat dan petani porang di wilayah setempat untuk bersatu mewujudkan peningkatan perekonomian masyarakat di wilayah masing- masing.
 

Siti Farisyah Yana mengatakan saat ini tanaman dengan bahasa latin Amorphophallus muelleri itu sudah merambah pasar ekspor sehingga perlu dikelola secara profesional dengan melibatkan banyak pakar dan ahli.

"Ada beberapa perkumpulan (komunitas) penggiat dan pelaku porang, ini kita minta mereka menjadi satu wadah," kata Yana saat menerima audiensi DPW Perkumpulan Petani Penggiat Porang Nusantara Kaltim di Ruang Rapat Kantor DPTPH Kaltim.

Ia mengatakan bersatunya penggiat Porang dalam satu komunitas bisa memudahkan koordinasi dan sistem informasi, sehingga Pemerintah Provinsi Kaltim memiliki mapping (pemetaan) potensi dan pelaku usaha (petani) Porang.

Yana menambahkan pemerintah sangat mendukung semangat masyarakat (penggiat/petani) dalam usaha pengembangan tanaman Porang.

Namun disayangkan, ujar Yana, hingga saat ini pemerintah belum mendapatkan informasi lengkap terkait kegiatan usaha Porang, terlebih beberapa komunitas masing-masing menampilkan data dan informasi yang berbeda.

"Selama ini kita belum mendapatkan konten perwilayahan kegiatan Porang di Kaltim," ungkapnya.

Pada dasarnya, tambah Yana, Pemprov Kaltim selama ini selalu mendukung bahkan memberikan bantuan dan pembinaan bagi petani, tidak terkecuali nantinya petani Porang.

"Kalau komitmen Gubernur dan Wakil Gubernur sangat jelas menjadikan pertanian sebagai program prioritas untuk kesejahteraan masyarakat," pungkasnya. 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021