Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim menggelar pelatihan tanggap bencana pembinaan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) se Kaltim. Kegiatan yang diikuti sebanyak 30 pemuda purna Paskibraka dibuka Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispora Kaltim, M Agus Hari Kesuma, di Balikpapan, Selasa (17/11). 


"Pengalaman  berupa simulasi dalam menangani bencana yang didapat selama pelatihan akan menjadi sangat berguna dalam situasi yang sesungguhannya," katanya.

Ia mengatakan di tengah pandemi COVID-19 menjadi pemuda pelopor siaga bencana bukan sebuah pekerjaan mudah, apalagi hanya sekedar mengisi waktu yang luang, oleh karena itu diperlukan keseriusan menjadi pemuda pelopor siaga bencana.

Disamping itu juga dibutuhkan kemampuan untuk mengendalikan situasi kebencanaan. Apabila suatu saat turun ke daerah bencana, para pemuda Purna Paskibraka Indonesia harus siap menangani secara langsung membantu korban bencana.

Sementara itu Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim Hardiana Muriyani, menyampaikan tujuan dari kegiatan memberikan pemahaman dasar tentang kebencanaan kepada pemuda, kemudian membangkitkan semangat pemuda untuk peduli bencana, menanamkan nilai sosial, kemanusiaan, dan rasa cinta kasih sayang terhadap sesama.

"Melalui pelatihan ini diharapkan dapat mengembangkan potensi dan semangat para alumni Paskibraka indonesia se Kaltim terutama untuk dapat berperan dalam penanggulangan bencana dampak buruk pandemi COVID-19 secara berkelanjutan,"jelasnya 

Kegiatan yang  digelar berlansung selama tiga hari, para peserta akan dibekali berbagai ilmu pengetahuan yang akan disampaikan narasumber  di antaranya dari Dispora Kaltim, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kaltim, Taruna Siaga Bencana Kaltim, Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, PPI Kaltim serta Pemuda Relawan Indonesia  Kaltim. 

Dalam mengikuti kegiatan pelatihan para peserta diberikan berupa teori, peserta juga akan melakukan simulasi tentang langkah-langkah penanganan bencana yang disampaikan oleh  Tagana Kaltim.

Pada kesempatan tersebut itu juga dilakukan pengukuhan pengurus baru Pemuda Relawan Indonesia  (PRI) Kota Balikpapan oleh PRI Provinsi Kaltim

Kemudian di hari terakhir akan dilakukan kegiatan bakti sosial pembagian APD (alat pelindung diri) kepada masyarakat yang terdampak COVID-19, yang melibatkan semua peserta pelatihan  dan panitia di sejumlah kelurahan yang dikoordinir oleh PRI Balikpapan.
 

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020