Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, meminta Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Danum Taka segera memperluas layanan untuk memenuhi ketersediaan dan menanggulangi kesulitan air bersih.

"Masih banyak wilayah yang mendambakan layanan air bersih Perumda Air Minum Danum Taka," ujar Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara Hartono Basuki ketika dihubungi di Penajam, Kamis.

"Selama ini masih ada sejumlah wilayah di Kabupaten Penajam Paser Utara menjadi langganan krisis air bersih setiap musim kemarau," katanya.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, lanjut ia, mempunyai kewajiban mencukupi kebutuhan air bersih masyarakat, dengan membangun jaringan pipa air bersih.

Pembangunan jaringan pipa air bersih, menurut Hartono, juga membantu pemasangan sambungan air bersih untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) program pemerintah pusat.

"Kalau tidak punya jaringan pipa air bersih secara langsung program pemasangan sambungan air bersih MBR tidak dapat dilakukan," ujar politikus Partai Demokrasi Indonesia atau PDI Perjuangan tersebut

Menurut dia, masih ada sejumlah wilayah di Kabupaten Penajam Paser Utara yang dilanda krisis air bersih saat kemarau, sumber air seperti sumur dan sungai menjadi dangkal dan air dalam menjadi keruh.

Saat kemarau cukup panjang, jelas  Hartono, masyarakat membeli air bersih untuk digunakan sehari-hari dengan mengeluarkan biaya cukup besar.

Di Kecamatan Sepaku, menurut dia, baru dua desa yang mendapatkan akses air bersih dari Perumda Air Minum Danum Taka. dan tahun ini baru ditambah pipa jaringan air bersih.

"Kecamatan Sepaku minim sumber air bersih, kalau kemarau sumur kering dan cadangan air bersih habis. Kondisi itu dijalani bertahun-tahun oleh masyarakat Sepaku," tambah Hartono.

"Diharapkan jaringan air bersih bisa menjangkau seluruh kawasan, sehingga tidak terjadi lagi krisis air bersih meski kemarau, kalau ada daerah yang belum terjangkau karena geografis bisa dipasok daerah terdekat," ucapnya.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020