Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari prajurit Denbekang VI-44-01/Samarinda, Yonif 611/Awang Long dan Babinsa telah mendirikan posko dapur umum untuk kegiatan memasak sebanyak 2000 porsi nasi bungkus  setiap harinya guna dibagikan kepada para korban banjir di Samarinda.


"Kami memasak untuk membantu meringankan korban banjir di Samarinda khususnya  bagi  warga di Kelurahan Sempaja Timur, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda," kata Babinsa Sertu Yance didampingi Bhabinkamtibmas Iptu Muslimin di Samarinda, Kamis (28/5)

Ia mengatakan ada sekitar 12 prajurit dari Denbekang VI-44-01/Samarinda, Yonif 611/Awang Long dan Babinsa memasak di dapur umum yang didirikan di lokasi SMPN 29 Bengkuring Samarinda.

Tampak seperti koki umumnya, para tentara memakai celemek warna hijau tua khas militer. Panci, kompor, meja sampai dengan alat-alat dapur yang ada di dapur umum ini dibawa dari Denbekang VI-44-01/Samarinda.

"Ini lah tugas prajurit koki di lapangan, ada potong bawang, wortel, sampai membersihkan daging ayam hingga semua dikerjakan dengan penuh tanggung jawab,” kata Lettu Cba Cucun Sudirja.

Menurutnya soal rasa jangan ditanya lagi, berani menjamin. Koki kenapa didominasi pria, sebab mereka punya rasa dan seni dalam memasak, apalagi Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang masak dijamin enak dan bergizi.

Cucun Sudirja menambahkan bahwa salah satu kegiatan rutin setiap harinya di dapur umum, seluruh personil dilakukan cek suhu tubuh, cuci tangan dan melakukan penyemprotan disfektant di sekitar lokasi dapur umum.

"Persedian bahan makanan  yang  dimasak setiap hari  berasal dari Pembekalan Angkutan TNI AD (Bekang) VI Samarinda,"ujarnya.(*)
 

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020