Anggota Komisi II DPRD Kaltim Rima Hartati mendorong masyarakat yang menjalani industri kecil dan para pedagang kecil untuk memanfaatkan teknologi dengan berjualan melalui media daring  atau online di masa pandemi COVID-19.
 

Menurut Rima, pembatasan aktifitas yang diberlakukan oleh Pemerintah di masa pandemi, sebenarnya tidak menutup rapat peluang untuk berusaha.

Oleh karena itu,Rima Hartati, mengajak masyarakat khususnya yang sudah melek media untuk memanfaatkan teknologi guna menyesuaikan kondisi yang ada.

"Bisnis atau perdagangan Dalam Jaringan (Daring), sering disebut bisnis online bisa jadi andalan dalam memenuhi kebutuhan di masa pandemi ini. Perdagangan online juga akan meminimalisir pertemuan fisik untuk membantu memutus mata rantai penyebaran virus corona," ungkap Rima.

Rima menambahkan, perdagangan online bisa menyediakan berbagai produk, misalnya makanan dan pakaian.

Selain itu tingginya aktivitas dirumah Rima meyakini bahwa ada kebutuhan tertentu yang meningkat bagi konsumen seperti peralatan rumah tangga.

Tak hanya itu, makanan yang memiliki vitamin tertentu untuk menjaga kesehatan tubuh juga menjadi produk yang menarik.

"Produk kesehatan seperti makanan dan minuman, vitamin serta masker misalnya. Pengusaha kecil bisa berinovasi melalui bisnis online ini untuk turut mengambil peran dan pemenuhan keperluan masyarakat Indonesia,

Logo-DPRD Kaltim (Dok Antaranews Kaltim)

tak hanya Kaltim. Inovasi seperti promo, paket tertentu bisa menjadi daya tarik dalam bersaing," urainya.

Selain itu, Rima menilai bisnis online juga bisa membantu pengusaha agar tak sampai merumahkan apalagi mem-PHK karyawan.

Hanya saja, diakui Rima bahwa masa pandemi yang menyebabkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan menyebabkan keterlambatan pengiriman barang keluar pulau karena penerbangan pesawat komersil yang dibatasi.

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020