Tenggarong (ANTARA News Kaltim) - Jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang tercatat di Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindakop) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) sampai akhir bulan Juni 2012 berjumlah 1013 UMKM.

"1013 UMKM yang tercatat di Deperindagkop tersebut tersebar di 18 kecamatan, dengan bermacam usaha seperti kerajinan ulap doyo, handycraft seperti manik-manik dan ukiran kayu, serta beberapa produk makanan olahan seperti jenis-jenis kue basah dan kering," ujar Kepala Deperindagkop Kukar H Azmidi didampingi Kepala Bidang Pemberdayaan Koperasi dan UMKM Dianto Raharjo.

H Azmidi memprediksi perkembangan UMKM di Kukar pada tahun-tahun mendatang akan semakin meningkat,  hal tersebut menandakan perkembangan ekonomi kerakyatan telah memegang peranan penting dalam turut menyejahterakan masyarakat Kukar secara keseluruhan.

"Semakin berkembangnya UMKM di Kukar, tentunya akan menambah dan membuka lahan pekerjaan baru, dengan sendirinya tentunya akan memabantu untuk mengurangi jumlah pengangguran di Kukar," kata Azmidi.

Menurut H Azmidi dalam upaya peningkatan UMKM di Kukar, pihaknya telah  mengikutserakan para pelaku UMKM dalam pelatihan-pelatihan terutama pelatihan manajemen kewirausahaan, baik yang dilaksanakan oleh Disperindakop Provinsi Kaltim maupun yang dilaksanakan oleh Kukar sendiri, selain mengikutsertakan dalam event promosi baik ditingkat daerah maupun nasional.

Dia juga berharap melalui pembinaan dari Disperindakop kepada para pelaku UMKM, nantinya dapat menumbuhkembangkan usaha yang baru yang tidak hanya mengandalkan SDA yang tersedia, tetapi diharapkan usaha kretarif dan inovatif dari para pelaku UMKM seperti memanfaatkan limbah dan diolah menjadi suatu produk yang bisa berdaya saing dan bermanfaat serta mempunyai nilai jual.

"Kami berharap dengan mengikutsertakan para pelaku UMKM dalam pelatihan dan promosi akan meningkatkan pengetahuan dan wawasan para pelaku UMKM, agar termotivasi dalam meningkatkan produksi dari UMKM itu sendiri," ungkap  H Azmidi lagi.  (Humas Pemkab Kukar)

Pewarta:

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012