Sekretaris Daerah Kabupaten Paser,Katsul Wiajaya   menyampaikan Laporan Keterangan Pertangunggjawaban (LKPj) tahun anggaran 2019 kepada DPRD melalui sidang paripurna yang digelar di ruang rapat Balling Seleloi,Senin (23/3).


"APBD Paser tahun 2019 mengalami peningkatan mengingat semakin membaiknya harga disektor pertambangan, mineral dan batu bara serta sektor minyak dan gas bumi," katanya.

Ia mengatakan pada tahun 2019 APBD Paser ditetapkan sebesar Rp2.3 triliun lebih dan mengalami kenaikan pada APBD-Perubahan sebesar Rp424,4 juta.

Menurutnya Pemerintah Kabupaten Paser di tahun 2019 telah melaksanakan program dan kegiatan yang tertuang dalam 4 urusan pembangunan. Yakni urusan wajib pelayanan dasar, urusan wajib bukan pelayanan dasar, urusan pilihan dan urusan pemerintahan fungsi penunjang. 

Sementara untuk rusan wajib pelayanan dasar di tahun 2019 telah dialokasikan anggaran sebesar Rp1,8 triliun lebih, dan terealisasi anggaran sebesar Rp1,706 triliun lebih atau 92,11 persen.

Sedangkan untuk rusan wajib bukan pelayanan dasar, telah dialokasikan anggaran sebesar Rp160,66 miliar lebih, dengan realisasi serapan sebesar 145,45 miliar lebih atau sebesar 90,53 persen,

Lanjut Katsul untuk urusan pilihan telah dianggarkan sebesar Rp.187,52 miliar lebih dan terealisasi anggaran sebesar Rp79,24 miliar lebih atau realisasi sebesar Rp44,21 miliar lebih atau 42,26 persen.

Kemudian untuk urusan pemerintahan fungsi penunjang, telah dianggarkan sebesar Rp. 617,16 miliar lebih dengan realisasi anggaran sebesar Rp573,13 miliar lebih atau realisasi sebesar 92,87 persen.

Katsul menjelaskan program pemerintah pada tahun 2019 dijabarkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang memuat 8 program prioritas pembangunan daerah. 

Diantaranya meliputi program peningkatan infrastruktur, pelayanan pendidikan dan kesehatan, akses masyarakat terhadap hunian yang layak, air bersih, dan akses listrik, dan peningkatan produktivitas perekonomian daerah serta peningkatan kinerja pelayanan publik.

"Dengan 8 program prioritas tersebut Pemkab Paser berharap  sudah dapat melaksanakan pembangunan dan mudah-mudahan di akhir priode pemerintahan dapat tertangani secara paripurna," katanya.

Sementara penyampaian LKPj Bupati tersebut dihadiri Ketua DPRD Paser Hendra Wahyudi , beberapa unsur pimpinan DPRD serta anggota.  Selain itu juga di hadiri unsur Forkopimda yakni Kapolres Paser AKBP Murwoto, Dandim 0904 Tanah Grogot Letkol Czi Widya Wijanarko, serta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah.(Adv/MC Kominfo Paser)

 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020