Dinas Pariwsata (Dispar) Provinsi Kalimantan Timur bakal membuka Pusat Informasi Pariwisata Kaltim (PIPK) di Bali, dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke daerah ini.
 

Kepala Dispar Kaltim Sri Wahyuni di Samarinda, Rabu (8/1), mengatakan PIPK di Bali merupakan salah satu pilar (pemasaran) dari empat pilar yang akan dilaksanakan seperti pilar destinasi, industri dan kelembagaan.

"Dalam tahun 2020 ini, kami akan membuat PIPK sebagai upaya atau menjemput Wisman maupun wisatawan nusantara (wisnus) yang berkunjung di Bali. Agar nantinya berkunjung ke daerah kita," kata Sri Wahyuni.

Hadirnya pusat informasi tersebut, lanjut Sri Wahyuni guna mempromosikan destinasi eksotis di Benua Etam yang tidak kalah menarik dengan destinasi-destinasi lainnya di Tanah Air.

"Kaltim sudah ada connecting flight Denpasar -Samarinda dan Denpasar Balikpapan. Namun destinasi apa yang kita punya, masih banyak belum diketahui orang. Diharapkan keberadaan PIPK di Bali dapat membantu peningkatan kunjungan wisman maupun wisnus ke Kaltim," papar Sri Wahyuni.

Ditambahkan, terkait pemasaran ataupun promosi pariwisata Kaltim. Nantinya akan dilaksanakan lunch gathering antara gubernur dengan konjen-konjen di Bali. Tahun ini juga akan mencoba promosi investasi pariwisata.

"Termasuk membuat kajian model untuk salah satu kawasan strategis pariwisata. Difasilitasi Kementerian Pariwisata, Gubernur Kaltim akan mengundang pelaku usaha pariwisata untuk melihat potensi mereka dalam berinvestasi pariwisata di Kaltim," ungkap Sri Wahyuni. 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020