Bupati Kutai Timur (Kutim), Ismunandar berharap kesejahteraan masyarakat nelayan di wilayah setempat bisa mengalami peningkatan, dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia kelautan.
 

Menurut Ismunandar keberadaan masyarakat di wilayah Kutim sangat dirasakan besar manfaatnya utamanya dalam mencukupi kebutuhan sektor perikanan.

"Pemerintah harus mendorong para nelayan ini untuk maju, karena dampak yang dirasakan tentunya juga untuk masyarakat Kutim," kata Ismunandar di Sanagatta, Senin.

Pada kesempatan itu, ia juga menyerahkan sejumlah paket bantuan peralatan tangkap ikan kepada nelayan di kecamatan Kaliorang, Kutim.

Setidaknya ada delapan paket bantuan yang diserahkan secara simbolis oleh orang nomor satu di Kutim itu kepada masyarakat nelayan. Antara lain, Kartu Pelaku Usaha Perikanan (KUSUKA). Kemudian 200 unit rawai dasar (bahan) dan 12 cool box 200 liter untuk kelompok nelayan pantai Harapan, desa Selangkau, kecamatan Kaliorang.

Selain itu ada juga 1.750 alat tangkap kepiting rakang untuk Kelompok Kepiting Asoka, kecamatan Kaliorang. Kemudian 100 alat tangkap ikan “jaring” kepada Kelompok Nelayan Rizka, kecamatan Sangkulirang.

Bupati juga menyerahkan bantuan 249 sak pupuk tambak dan 52 bestnoid tambak untuk Kelompok Pembudidayaan Tambak Api Api Kuning, Desa Muara Bengalon, kecamatan Bengalon.

Tak hanya itu, bantuan lainnya ada pula 100 piece bahan jaring milenium 4 inch, 8 pic cool 200 liter, untuk Kelompok Nelayan Berkat, kecamatan Sangkulirang.

Selain itu ada juga satu unit kendaraan berpendingin roda enam, untuk Koperasi Serba Bunga Samudera, Desa Selangkau, kecamatan Kaliorang.

"Bantuan (peralatan nelayan) yang diberikan ini adalah untuk meningkatkan sektor perikanan kelautan di Kutim, khususnya di wilayah Kaliorang," katanya.

Ia berharap bantuan yang diberikan bisa bermanfaat khususnya dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat dan perekonomian daerah.
 

Pewarta: Wardi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019