Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, Moh. Jauhar Efendi mengatakan, saat ini proses pencairan Dana Desa (DD) tahap II tahun 2019 sudah dilaksanakan oleh pemerintah desa di masing-masing wilayah tujuh kabupaten di  Kaltim. 
   

"Pencairan dana desa untuk tahap kedua sudah dilaksanakan, bahkan untuk tahap ke III sebagian juga sudah dilakukan," kata Jauhar Efendi  di Samarinda  Jum'at.

Ia mengatakan seperti pencairan DD tahun-tahun sebelumnya, progresnya akan cepat dan meningkat pada akhir tahun. Selama ini pencairan bisa mencapai diatas 90 persen.  

Hal itu disebabkan pemerintah desa masih fokus pada alokasi dana desa, dimana dalam alokasi dana desa tersebut terdapat komponen yang harus diselesaikan seperti gaji kepala desa beserta perangkatnya, termasuk Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“Walaupun demikian kita yakin pada saatnya nanti progres pencairan dana desa akan melonjak pada akhir-akhir tahun 2019," paparnya. 

Jauhar mengatakan, betapa pentingnya DD yang digulirkan pemerintah untuk memajukan banyak desa di Indonesia termasuk desa-desa di wilayah Kaltim.

Oleh karena itu, penting juga untuk menjaga DD agar benar-benar dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Jauhar berharap dengan  bantuan dana desa,sebuah desa bisa mandiri dan berkembang.  Meskipun masih  banyak  hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan, misalnya pembangunan infrastruktur, sarana dan fasilitas di desa,  sehingga  manfaatnya   bisa dirasakan oleh seluruh  masyarakat.

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019