Badan Amil Zakat Pertamina Refinery Unit V (Bazma) Balikpapan memberikan bantuan 300 paket peralatan sekolah untuk 300 siswa dari lingkungan sekitar Refinery Unit (RU) V.


“Kami bagikan untuk 150 anak yang lulus SD dan 150 lagi yang lulus SMP,” kata Humas Pertamina Regional Kalimantan Heppy Wulansari di Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa.

Bantuan peralatan sekolah itu berupa buku tulis, bolpoin, pensil, tas sekolah, sepatu, dan juga uang tunai diserahkan langsung Senior Manager Operation & Manufacturing (SMOM) RU V Mulyono di Masjid Istiqamah.  .

Mulyono mengharapkan bantuan itu bisa meringankan beban masyarakat tidak mampu yang kebetulan tinggal di area Kilang Balikpapan.

Menurut Wulansari, data tentang anak yang dianggap berhak mendapat bantuan itu sendiri diberikan oleh sekolahnya, karena  pihak sekolah yang tahu kondisi murid-muridnya.

Kilang RU V di Balikpapan meski berada dalam jarak yang cukup jauh dari pemukiman, tetapi pada hakikatnya dikelilingi pemukiman penduduk, bahkan juga margasatwa yangberada di hutan-hutan kota yang dipelihara Pertamina. Di sisi timur, utara, dan baratnya, banyak perumahan warga Kota Minyak dan hunian para karyawan Pertamina sendiri.

Karena itu, kata Wulansari, Pertamina melalui dana tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR)  untuk membantu masyarakat yang tidak semuanya berkecukupan tersebut.

Dalam bidang pendidikan ini, kata dia, bantuan berupa peralatan sekolah itu disampaikan di bawah tajuk “Program Peduli Pendidikan Putra Putri Bangsa Indonesia”.

Program itu didanai dari zakat, infaq, dan sedekah yang bersumber dari para wajib zakat (muzakki) para pekerja RU V.

“Semoga bantuan itu  membuat anak-anak lebih bersemangat dan rajin belajar,” kata Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi yang juga menyaksikan pemberian bantuan itu.

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019