Sejumlah Pemuda di Kecamatan Samarinda Seberang bersama Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Samarinda gelar eklarasi wilayah tersebut bersih dari narkoba.


Ketua Karang Taruna Kecamatan Samarinda Seberang, Rusdiansyah Rais menilai, narkoba telah masuk keseluruh sendi lapisan masyarakat. Oleh karena itu pihaknya tidak ingin deklarasi yang dilaksanakan hanya sekedar seremoni tanpa ada tindak lanjut setelahnya.

"Deklarasi ini sebagai komitmen kami warga Samarinda Seberang untuk turut serta bersama aparat dalam pemberantasan narkoba. Ini sebuah dedikasi bukan hanya untuk Samarinda, tapi untuk Indonesia,"katanya di Samarinda, Sabtu (23/3).

Rusdiansyah menilai kalau wilayah Samarinda Seberang berada diperingkat teratas kasus peredaran maupun penggunaan narkoba di Kota Samarinda.

Menurutnya melalui deklarasi Samarinda Seberang bersih dari narkoba merupakan komintmen para pemuda membantu penuh dalam segala bentuk upaya pemberantasan narkoba.

Sementara itu Humas BNNK Samarinda, Ahmad Fadholi  menambahkan di 2019 pihaknya fokus bersaama warga di Kecamatan Samarinda Seberang untuk melakukan pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba, sebelumnya juga ditahun 2018 dilaksanakan di Kecamatan Palaran.
 
"Kendati demikian, bukan berarti kecamatan lainnya tidak menjadi perhatian BNN. Kita ingin blok dari ujung dahulu, nantinya akan sampai ke kota,"katanya.

Ditegaskannya bukan berarti daerah lain  yang belum mendeklarasikan bersih dari narkoba, karena di Samarinda semua wilayahnya tidak ada yang bersih narkoba, semuanya termasuk rawan.

Ahmad Fadholi menyebutkan BNNK Samarinda bersama semua unsur di kecamatan Samarinda Seberang, menginginkan wilayah tersebut bebas narkoba. Pemuda dan pelajar bebas dari bahaya narkoba, ini komitmen kita bersama untuk pemberantasan narkoba.

Deklarasi Samarinda Seberang bersih narkoba tersebut diikuti ribuan masyarakat, terutama dari kalangan pelajar dan pemuda, dengan titik kegiatan  dipusatkan di halaman SDN 009 Mangkupalas.

Bahkan, pemuda dan pelajar menyusuri kampung narkoba dengan membawa poster, spanduk, serta yel-yel yang berisikan tentang bahayanya, serta pemberantasan narkoba.

Usai menyusuri kampung narkoba, BNNK menyematkan pin kepada penggiat anti narkoba di Kecamatan Samarinda Seberang sebagai perpanjangan tangan BNN guna melaksanakan kegiatan yang sifatnya kampanye anti narkoba.

 

Pewarta: Rhd

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019