Samarinda, (Antaranews Kaltim) - Kepolisan Resort Kota Samarinda berhasil mengamankan satu orang tahanan yang sempat buron dalam peristiwa kaburnya sejumlah tahanan di Polsek Samarinda Kota, Selasa pagi.
 

Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Vendra Rivianto kepada awak media di Samarinda, Selasa mengatakan satu tahanan yang sempat buron tersebut telah menyerahkan diri dan sudah diamankan oleh petugas di lapangan.

"Tersangka menyerahkan diri dan kita jemput dirumahnya, sekitar pukul 13.00 wita," kata Vendra yang mengaku tidak hapal lokasi rumah tersangka.

Berdasarkan informasi yang beredar tersangka yang berstatus tahanan Narkoba tersebut diamankan oleh petugas kepolisian di daerah Lambung Mangkurat, Samarinda.

Sejauh ini Vendra masih melakukan penyidikan terhadap peristiwa kaburnya sejumlah tahanan tersebut.

Dia mengakui bahwa dalam kurun satu tahun terakhir telah dua kali peristiwa kaburnya tahanan di wilayah kepolisian Samarinda.

"Untuk kondisi sel di masing- masing polsek secara kapasitas saya rasa masih memenuhi syarat, karena satu sel berisi antara 15- 20 tahanan, ada juga sel yang kosong dan ada tahanan yang dititipkan di Polres," katanya.

Namun demikian, pihaknya akan melakukan penyidikan terkait kemungkinan adanya kelalain petugas di lapangan, sehingga peristiwa tersebut bisa terjadi.

Diketahui bahwa pada Senin sore  ( 26/10)  sejumlah tahanan Polsek Samarinda Kota sempat melarikan diri usai melakukan penyekapan dan penyerangan kepada petugas yang berjaga.

Berdasarkan laporan dari pihak kepolisian tercatat ada 22 tahanan yang berada di sel tersebut, namun tidak semuanya melarikan diri, dan masih berada di sekitar lokasi Polsek Samarinda Kota, Jalan Bayangkara, Samarinda.

Aparat kepolisian bergerak cepat dan berhasil mengamankan kembali sejumlah tahanan yang berhasil melarikan diri.

Namun sayangnya, masih tersisa satu tahanan dalam operasi yang digelar hingga Senin malam.

Satu tahanan buron akhirnya berhasil diamankan oleh para petugas setelah menyerahkan diri di rumahnya, yang diketahui berada di wilayah Lambung Mangkurat, Samarinda.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018