Tanjung Redeb (Antaranews Kaltim) -Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Provinsi Kaltim memfasilitasi pelaksanaan evaluasi pengelolaan program Padat Karya Tunai (PKT) dan Badan Usaha Milik Desa/Kampung (BUMDes/Kam) di Kaltim.

"Evaluasi merupakan salah satu alat kendali untuk mengetahui sejauh mana kinerja pembinaan, fasilitas,pendampingan PKT dan BUMDes/Kam,"kata  Kepala DPMPD Kaltim, Moh Jauhar di Tanjung Redeb Kabupaten Berau, Jum’at (9/11) .

Ia mengatakan pengelolaan program PKT  dan BUMdDes perlu dilakukan evaluasi  secara terus menerus  terhadap berbagai pihak yang terlibat dalam Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD).

Menurutnya evaluasi tersebut sekaligus dapat menjadi media konsolidasi pengelolaan dan pembinaan serta pendampingan P3MD  terkait pengelolaan BUMDes/Kam . Oleh karena itu DPMPD Kaltim  perlu memfasilitasi terhadap evaluasi yang dilaksanakan.

Diharapkan kegiatan evaluasi  tersebut menghasilkan evaluasi yang  komprehensif terhadap kinerja pendampingan dan pembinaan pengelolaan program PKT dan BUMDes/kam serta adanya penanganan masalah yang timbul selama proses pelaksanaan.

"Secara umum esensi dasar penyelenggaraan pembangunan desa/kampung sesuai amanat UU Desa mewujudkan pendayagunaan potensi SDA dan SDM Desa. Termasuk mewujudkan peningkatan partisipasi masyarakat desa dalam seluruh tahapan pembangunan,"katanya.

Dikemukakannya program PKT dalam pelaksanaan P3MD merupakan bagian dari upaya  memberdayakan  potensi SDM desa yang berdampak pada peningkatan pendapatan warga desa secara langsung.

Selain itu kata Jauhar melalui  PKT diharapkan juga mampu meningkatkan peredaran uang di desa, sehingga mempercepat  pertumbuhan ekonomi desa.

Sementara kegiatan evaluasi dan konsolidasi  yang dikalaksanakan di Ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb dibuka Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi dihadiri  sejumlah  Dinas PMD Kabupaten, OPD terkait Kabupaten, TAPM Kabupaten, Camat, Kepala Kampung, Badan Permusyawaratan Kampung, Pendamping Desa, dan Pendamping Lokal Desa.

Adapun sebagai narasumber di antaranya Kepala DPMPD Kaltim, Kepala DPMK Berau, Kepala Dinas Perindakop Berau, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Berau, Dinas Pekerja Umum Berau, dan Kepala Bidang Ekonomi dan Teknologi Tepat Guna DPMPD Kaltim.(*)
 

Pewarta: Arif

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018