Balikpapan (ANTARA Kaltim) -  Anggota Batalyon Infanteri Raider 600/Modang yakni Prajurit Satu (Pratu) Khairul Anam dilaporkan hilang di muara Sungai Manggar, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Jumat dini hari.

Menurut informasi yang diperoleh, Pratu Khairul Anam bersama rekannya Pratu Ashari berusaha menolong seorang perempuan yang menceburkan diri ke Sungai Manggar dari Jembatan Manggar sekira pukul 02.00 Wita.

Kedua prajurit juga meloncat ke sungai dan berhasil meraih perempuan tersebut, yang kemudian diindikasikan sebagai upaya bunuh diri.

"Namun sedemikian rupa, perempuan ini berpegangan kepada Pratu Khairul Anam yang menyebabkan yang bersangkutan kesulitan berenang, sementara arus pasang sungai cukup kuat," kata Kepala Seksi Operasi Badan SAR Nasional Balikpapan Octavianto.

Kejadian selanjutnya, baik Pratu Khairul Anam maupun perempuan tersebut terlepas dari pegangan dan pandangan Pratu Ashari yang terus berusaha berenang ke tepi sungai.

Sesaat kemudian ada dua pemuda yang naik perahu yang juga berusaha menolong lalu menyisir sungai ke arah muara. Mereka berhasil menemukan perempuan tersebut, namun tidak berhasil melihat ada tanda-tanda Khairul Anam.

"Perempuan itu sekarang dirawat di Puskesmas Manggar, sementara Pratu Khairul Anam masih hilang," kata Octavianto.

Identitas wanita tersebut kemudian diketahui sebagai Eka (16 tahun), warga perumahan Teritip Mas RT 07, Balikpapan Timur.

Octavianto juga menambahkan, tim gabungan dari Basarnas, Polairud, dan dibantu masyarakat masih terus mencari prajurit tersebut.

Kawasan pencarian diperluas ke arah hulu dan hilir sungai hingga sekitar muara. Kondisi Sungai Manggar yang dipengaruhi pasang surut air laut membuat pencarian tersebut harus ke arah hulu dan hilir.

Kawasan Manggar terletak 23 km utara pusat kota Balikpapan. Kawasan itu ditandai dengan kawasan padat penduduk di sekitar Sungai Manggar, Jembatan Manggar, dan Pasar Manggar yang seluruhnya berdekatan.

Asrama atau Ksatrian Yonif 600 Raider yang berlokasi setelah pasar juga menjadi satu penanda kawasan tersebut, selain pantai wisata Manggar. (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017