Balikpapan (ANTARA Kaltim) -  Tim Pengawasan dan Pemeriksaan yang dipimpin Marsekal Pertama TNI Bebas Irianto mengunjungi Pangkalan Udara TNI AU Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin, untuk mengetahui pencapaian pelaksanaan tugas dan fungsi sebagaimana digariskan dalam program kerja.

Kedatangan tim Wasrik TNI AU disambut Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Penerbang Yani Ajat Hermawan, yang sekaligus memaparkan berbagai hasil pelaksanaan dan evaluasi program kerja serta anggaran Lanud Balikpapan.

"Selain itu, juga disampaikan permasalahan-permasalahan yang kami hadapi," kata Ajat Hermawan.

Marsma Bebas Irianto menegaskan tujuan kedatangan tim Wasrik di Lanud Balikpapan untuk mengetahui pencapaian pelaksanaan tugas dan fungsi yang sudah digariskan dalam program kerja organisasi.

"Tim Wasrik juga ingin mengetahui hambatannya apa, mungkin penyimpangan yang terjadi dengan berpedoman pada ketaatan, ketertiban, efektif, efisien, dan ekonomis," ujarnya.

Bidang-bidang yang diperiksa dan diawasi tim Wasrik adalah bidang operasi, personel, logistik, khusus, dan keuangan.

Sebelum kedatangan tim Wasrik, Danlanud Ajat Hermawan bersama anggotanya menggelar sejumlah kegiatan pada pekan lalu, di antaranya bersih-bersih pantai, meninjau aset pangkalan, membuka kejuaraan sepak bola Piala Danlanud, hingga turut memberikan vitamin A kepada anak-anak.

Program bersih-bersih pantai yang digelar Minggu (19/2) adalah kegiatan untuk mendukung Hari Peduli Sampah Nasional. Dalam kegiatan ini, Lanud Balikpapan bekerja sama dengan Pemkot Balikpapan membersihkan Pantai Indah Angkasa, pantai yang ada di belakang Lanud Balikpapan di Jalan Mulawarman, Sepinggan.

Selain prajurit TNI AU, turut memunguti sampah di pantai adalah para anggota Koramil 03 Balikpapan Selatan, anggota Polsek Balikpapan Selatan, para pelajar sejumlah sekolah yang ada di sekitar Lanud, dan masyarakat.

"Balikpapan ini kan terkenal kebersihannya. Kami tidak ingin ketinggalan untuk turut menjaga kebersihan itu. Sesuai motto Balikpapan yakni kubangun, kujaga, kubela," kata Kepala Dinas Operasi Lanud Balikpapan Letkol Lek Harry Markonery ST.

Sebelumnya, Danlanud mendampingi Ketua Pia Ardhya Garini Cabang 11/D II Lanud Balikpapan Ny Mariana Ajat Hermawan memberikan vitamin A kepada puluhan anak usia di bawah 5 tahun putra-putri para anggota Lanud dan warga sekitar.

"Selain PIN (Pekan Imunisasi Nasional), ini juga sudah menjadi program Pia Ardhya Garini Cabang 11 Lanud Balikpapan. Setahun kami selenggarakan dua kali, yaitu pada bulan Februari dan Agustus," kata Ny Mariana.

Kemudian sebagai pejabat yang baru, Danlanud Ajat Hermawan berkesempatan meninjau aset-aset yang dimiliki TNI Angkatan Udara di Balikpapan.

"Semua aset ini kan milik negara, kami ingin pastikan semuanya ada dan tidak dalam masalah. Pun bila bermasalah agar bisa segera diselesaikan," tegas Danlanud.

Selain aset-aset militer, TNI-AU juga memiliki antara lain sejumlah perumahan, rumah sakit, hingga tanah seluas 4.050 meter persegi yang saat ini semuanya dalam kondisi bagus dan aman. (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017