Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Tim Gegana Brimob Kepolisian Daerah Kalimantan Timur, Kamis sore, melakukan penyisiran dengan menggunakan metal detektor untuk sterilisasi keamanan di beberapa gereja di Balikpapan.

"Ada empat tim Gegana yang disebar untuk melakukan sterilisasi di 19 Gereja di Balikpapan menjelang pelaksanaan ibadah Misa Natal," kata Kepala Unit Penjinak Bom Brimob Polda Kaltim Iptu I Made Palguna Ariwijaya.

Ia mengatakan sterilisasi gereja menjelang ibadah Natal dilakukan agar umat Nasrani dapat melaksanakan ibadah dengan penuh rasa aman dan nyaman.

"Para jemaat gereja yang melaksanakan ibadah Natal dengan penuh rasa aman serta tidak ada rasa khawatir. Selain itu, telah disiapkan peralatan bila terjadi sesuatu," kata Palguna.

Adapun gereja yang disterilkan, antara lain Gereja Santa Theresia yang terletak di Kelurahan Prapatan, yang ibadahnya dimulai pada Kamis malam sekitar pukul 19.00 Wita.

Polda Kaltim pada pengamanan Operasi Lilin Mahakam 2015 mengerahkan personel gabungan sebanyak 1.823 personel untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2016.

Personel pengamanan gabungan tersebut berada di 31 pos pengamanan dan 29 pos pelayanan yang menyebar di wilayah Kaltim dan Kalimantan Utara (Kaltara).(*)

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015